18 Dec 2019, 05:15Penyakit Lainnya

Apa saja penyebab telinga terasa tersumbat?

OO
Info Penanya: OO0
Saya mau tanya dok.. kenapa ya setelah bangun tidur telinga sebelah kiri saya tiba tiba seperti agak tersumbat? Kira kira apa penyebabnya?
82463 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat pagi, O.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Telinga tersumbat dapat terjadi pada siapa saja dan merupakan salah satu gejala dari gangguan telinga.  Gangguan pada telinga dapat menyebabkan nyeri di telinga, telinga tersumbat, terasa berdengung, atau bahkan keluar cairan dari telinga. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus dapat mengganggu pendengaran dan aktivitas Anda. Untuk itu, perlu diketahui apa saja penyebab gangguan pada telinga yang sering terjadi. 

Penyebab gangguan pada telinga bisa karena:

  • Kotoran telinga
Kondisi kotoran telinga yang menumpuk atau jarang dibersihkan dapat membuat telinga terasa tersumbat sehingga sering terasa seperti kehilangan pendengaran, rasa sakit dan juga gatal. Untuk itu, Anda dapat mengeluarkan kotoran tersebut dengan cotton bud.
  • Suara yang keras
Suara mesin, ledakan, mendengarkan musik dengan earphone dalam waktu lama juga dapat membuat telinga seperti tersumbat karena suara-suara tersebut menyebabkan kerusakan pada saraf dan rambut-rambut pada koklea telinga dan yang lebih parah lagi dapat membuat gendang telinga pecah.
  • Tekanan udara
Biasanya ini terjadi saat kita menaiki pesawat. Perubahan tekanan udara dapat menyebabkan telinga terasa sakit dan kadang sulit untuk mendengar. Pada kasus yang parah, bisa menyebabkan gendang telinga pecah.
  • Usia
Semakin bertambahnya usia, akan membuat sistem pendengaran terganggu karena fungsi saraf dan rambut pada koklea telinga, fungsi gendang telinga menurun.
  • Air
Air yang masuk ke telinga saat Anda berenang atau mandi bisa menimbulkan infeksi pada telinga dan akan terasa sakit pada telinga bagian luar.
  • Kondisi medis tertentu
Sakit gigi, radang tenggorokan, flu, alergi, tumor dapat menyebabkan gangguan pada telinga.Untuk memastikan kembali penyebab pasti yang membuat telinga Anda tersumbat, saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT sehingga dapat diperiksa dengan alat pemeriksaan telinga dan memperoleh pengobatan yang tepat. Untuk sementara, Anda jangan mengorek telinga terlalu dalam dengan cutton bud, usahakan agar telinga jangan sampai masuk air, dan pencegahan yang lain sampai ditemukan penyebab yang pastinya.Salam sehat,dr. Ester
infeksi telingapenyakit telingapenyakit tht
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil