Apa saja penyebab telat datang bulan tapi tidak hamil?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, harusnya saya menstruasi itu pada tanggal 2 dok, tapi sudah tanggal 7 saya tidak menstruasi juga. Sampai akhirnya tanggal 8 saya berhubungan dengan suami saya, tanggal 9 paginya saya langsung haid dengan darah yang cukup banyak. Penyebabnya apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FF.

Telat datang bulan terjadi karena beberapa penyebab, seperti pola hidup yang tidak sehat (sering mengonsumsi junk food, tidur larut malam, malas berolahraga), penyakit tertentu (gangguan tiroid, kista ovarium, depresi), berat badan berlebih atau kurang, penggunaan beberapa jenis obat-obatan, kontrasepsi hormonal, maupun kelelahan fisik.

Kondisi Anda terlambat menstruasi selama 7 hari (dari tanggal 2 ke 9) bisa disebabkan oleh satu dari penyebab di atas. Mengenai cerita Anda tentang menstruasi datang setelah berhubungan, hal ini bisa saja kebetulan atau berpengaruh. Disebut berpengaruh apabila hubungan seks tersebut menciptakan kebahagiaan dan menurunkan tingkat stres, dan pada akhirnya menyebabkan hormon yang memengaruhi menstruasi lebih seimbang.

Selain mengelola stres, berikut hal-hal lain yang perlu diperhatikan agar hormon senantiasa seimbang:

  • Mengonsumsi buah dan sayur yang cukup
  • Menghindari makanan cepat saji, junk food, dan minuman dengan pemanis atau perasa buatan
  • Rutin berolahraga 3-4 kali per minggu, minimal 30 menit per sesi
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari

Apabila menstruasi Anda kembali teratur ke depannya, Anda tidak perlu khawatir lagi. Namun, apabila ke depannya Anda mengalami keterlambatan haid lagi sampai tiga bulan berturut-turut, segera periksakan ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang sesuai, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.