Apa saja penyebab perdarahan saat melakukan senggama ?

SS Info Penanya: SS, Pria, 19 Tahun
saya melakukan hubungan badan dengan suami saya,dan keluar darah bisa dibilang pendarahan ..dan ada kluar gumpalan darah sperrti hati ukuran telapak tangan saya it keluar 3x..apakah saya keguguraninisiatif saya meminum obat kalnex dosis 500 mg sbnyak 2 butir stlh saya minum pendarahan saya terhenti.apakah benar saya keguguran atau terkena sakit lain
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SS.

Sebelumnya apakah anda sedang hamil? hal tersebut perlu dipastikan, karena jika benar anda sedang hamil, diperlukan pemeriksaan dalam dan USG untuk memastikan anda keguguran atau tidak.

Jika anda tidak hamil, berikut beberapa penyebab dari keluhan anda,antara lain :

  • Gesekan saat berhubungan
  • Radang pada serviks
  • Penyakit radang panggul
  • Trauma pada serviks
  • Infeksi seperti chlamydia
  • Tumor (jinak atau keganasa)

Untuk menegakan diagnosis, sebaiknya anda ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (Sp.OG) untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga penanganan yang diberikan tepat.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran

Kram Perut saat Hamil Muda: Penyebab, Ciri-ciri, dan Tips Mengatasinya

Kram perut adalah kondisi yang umum terjadi di awal masa kehamilan. Meski umumnya normal, kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran. Biasanya kram perut juga menjadi tanda adanya perubahan ukuran rahim, peningkatan progesteron, hingga peregangan ligamen.