Apa saja penyebab nyeri pada dada ?

EK Info Penanya: EK, Pria, 19 Tahun
Dok, kenapa jantung terasah sakit seperti di tusuk" Sesuatu tapi saya ada penyakitnya asam lambung apa itu merambat ke jantung?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EK.

Terkait dengan keluhan anda, nyeri yang di akibatkan oleh naiknya asam lambung bisa dirasakan sampai ke arah jantung karena kedua organ tersebut saling berdekatan. Penyebab lain dari keluhan nyeri dada selain dari jantung dan saluran pencernaan yakni gangguan pada paru-paru, muskuloskeletal (costocondritis, fibromialgia) ataupun trauma.

Sebaiknya segera ke dokter untuk dilakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan keluhan anda. Agar pengobatannya tepat, dokter akan anamnesis (tanya-jawab) lebih lanjut seperti sejak kapan keluhan timbul, berapa lama keluhan berlangsung, penjalaran nyerinya, ada faktor pemicu, trauma, ada keluhan tambahan seperti keringat dingin, berdebar-debar, batuk, demam, mual atau muntah, memeriksa tanda vital anda (tekanan darah, nadi, laju napas), di dengar suara napas dan jantung, pemeriksaan abdomen (perut) dan beberapa pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung (EKG), rontgen thorax, dan laboratorium sesuai indikasi.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Krisis nyeri pada bayi adalah salah satu tanda dari anemia sel sabit hingga membuat bayi terus menangis

5 Gejala Anemia Sel Sabit pada Bayi, Orangtua Wajib Tahu

Anemia sel sabit adalah penyakit genetik, yang bisa terdeteksi sejak penderita masih bayi. Orangtua wajib memperhatikan gejala anemia pada bayi seperti krisis nyeri, penyakit kuning, hingga penyumbatan pembuluh darah, terutama saat bayi mulai menginjak usia lima bulan.