17 May 2019, 09:37Perut

Apa saja penyebab nyeri kepala dan nyeri pada ulu hati ?

FU
Info Penanya: FU, Pria, 19 Tahun
Asalamualaikum wr.wb Nama sya fikri umur 24th Sya sering sakit kepala sudah lama Dan hari in tadi pagi lambung sakit.keringat dingin berlebihan dan pusing agak tegang dan sampai skrng sya masi terasa nyesek di dada sebelah kanan hilang2 Itu knp dokter Makasih ?
56979 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat malam, FU.Nyeri kepala merupakan salah satu keluhan yang sering ditemukan dalam praktek sehari-hari, penyebabnya sangat multifaktorial,diantaranya:
- Nyeri kepala primer : migrain, nyeri kepala tipe tegang, nyeri kepala kluster
- Nyeri kepala sekunder : nyeri kepala karena trauma kepala, kelainan vaskular, sinusitis, penggunaan suatu zat, kelainan metabolik, tumor otak, masalah gigi, infeksi, glaukoma, gangguan visus.
Sementara nyeri pada lambung yang anda rasakan merupakan nyeri yang terjadi di perut bagian atas dan terasa seperti ditusuk atau panas. Biasanya disebabkan karena naiknya asam lambung. Pemicu asam lambung naik dapat berupa pola makan yang tidak teratur, makanan pemicu (asam, pedas, soda, alkohol), pola tidur, dan kondisi emosional. Beberapa penyakit dengan nyeri ulu hati, yaitu:
1. Dispepsia. Merupakan rasa tidak enak di bagian perut dikarenakan naiknya asam lambung.
2. Tukak lambung. Merupakan penyakit karena adanya luka pada lapisan lambung.
3. Gastritis. Peradangan pada lambung yang biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.
4. GERD (Gastroesofageal Refluks Disease) merupakan penyakit akibat dari naiknya asam lambung ke dalam kerongkongan sehingga disertai gejala nyeri dada seperti terbakar.
5. Pankreatitis. 
Pada beberapa individu keluhan nyeri pada ulu hati karena naiknya  asam lambung bisa di sertai keringat dingin, napas terasa berat/sesak bahkan pingsan. Namun perlu dipikirkan penyebab lain seperti gangguan pada jantung. Untuk membedakan kedua gangguan tersebut (lambung dan jantung), perlu di lakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti anamnesa, pemeriksaan fisik (di periksa tanda vital, suara napas dan jantung, pemeriksaan abdomen), dan pemeriksaan penunjang (EKG,dll). Sebaiknya anda ke dokter untuk di lakukan pemeriksaan agar terapi yang diberikan sesuai etiologinya. Semoga bermanfaatSalam sehatdr. Supiah S.D Sangadji
maaggangguan pencernaansakit kepala
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil