Apa saja penyebab nyeri dada kiri ?

AA Info Penanya: AA, Pria, 19 Tahun
Assalamualaikum dokterSaya mau tanya.. Saya sering mengalami sakit di bagian dada sebelah kiri seperti di tusuk tusuk dan nafas sesak setip saya tarik nafas dada saya sebelah kiri sakit seperti tertusuk dan di himpit.. Jadi sesak nafas.. Kira kira ini gejala apa yah dokTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AA.

Nyeri dada sebelah kiri bisa disebabkan karena adanya masalah pada jantung, paru, saluran pencernaan, muskuloskeletal (tulang dan otot), dan psikosomatik.

Penyebab nyeri dada:
1. Jantung, seperti penyakit jantung koroner, diseksi aorta, perikarditis.
2. saluran pencernaan, misalnya syndrome dispepsia, gastroesophageal reflux disease (GERD), ulkus peptikum.
3. Paru, seperti emboli paru, pleuritis
4. Muskuloskeletal, seperti costocondritis, fibromialgia, trauma
5. Psikosomatik, seperti gangguan cemas, serangan panik.

Keluhan yang anda rasakan tidak selalu menandakan adanya gangguan pada jantung. Untuk menegakkan diagnosis, Sebaiknya segera ke dokter untuk dilakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan keluhan anda. Agar pengobatannya tepat, dokter akan anamnesis (tanya-jawab) lebih lanjut seperti sejak kapan keluhan timbul, berapa lama keluhan berlangsung, penjalaran nyerinya, ada faktor pemicu, trauma, ada keluhan tambahan seperti keringat dingin, berdebar-debar, batuk, demam, mual atau muntah, memeriksa tanda vital anda (tekanan darah, nadi, laju napas), di dengar suara napas dan jantung, pemeriksaan abdomen (perut) dan beberapa pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung (EKG), rontgen thorax, dan laboratorium.

Selengkapnya mengenai nyeri dada, dapat anda simak di sini.

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita congenital central hypoventilation (CCHS) memiliki kesulitan bernapas dan sesak napas

Cara Mengatasi Sesak Napas untuk Penderita CCHS

Congenital Central Hypoventilation (CCHS) adalah gangguan pernapasan yang perlu dipahami cara mengatasinya. Salah satunya adalah dengan pemberian alat bantu pernapasan berupa respirator ataupun ventilator.