Apa saja penyebab mimisan/epistaxis ?

TF Info Penanya: TF, Pria, 19 Tahun
Dok saya ingin bertanya ank daya sudah seminggu lebih mimisan tapi ngk banyak dok...?dia sejak 6 bulan sering seperti itu doc?itu apa penyebabnya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, TF.

Mimisan atau epistaxis merupakan perdarahan spontan dari dalam hidung. Berdasarkan atas daerah asal perdarahan epistaksis dibagi atas dua kategori, yaitu epistaksis anterior dan posterior. Diagnosis dan penanganan epistaksis bergantung pada lokasi dan penyebab perdarahan.

Penyebab epistaksis dapat berupa penyebab lokal maupun sistemik;
- Penyebab lokal yakni idiopatik (tidak diketahui penyebabnya), trauma (patah tulang hidung, mengorek hidung terlalu keras), inflamasi, neoplasia/tumor, vaskular, iatrogenik, kelainan struktural, dan obat-obatan seperti semprot hidung, benda asing di hidung.
- Penyebab sistemik berupa kelainan hematologi (hemofilia), lingkungan (temperatur, kelembaban dan ketinggian).

Untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang anak anda alami dibutuhan pemeriksanaan lebih lanjut, sebaiknya kontrol ke dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorok (Sp.THT) agar diketahui penyebabnya.

Selengkapnya tentang mimisan, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Zat kimia berbahaya dalam lem aibon bisa membuat seseorang hilang kesadaran.

Efek Mabuk Lem Aibon, Bikin Halusinasi Hingga Koma

Mabuk lem aibon adalah cara mudah mendapat sensasi ‘melayang’. Efek mabuk lem aibon sekilas seperti orang mabuk, mengantuk, sakit kepala, hilang kesadaran bahkan kematian.