Apa saja penyebab mimisan pada anak ?

PA Info Penanya: PA, Pria, 19 Tahun
Assalamualaikum.dok saya mau bertanya gejala mimisan pada anak usia 1 tahun .tapi yg keluar cuman bercak2 darah ..trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, PA.

Mimisan merupakan perdarahan spontan dari dalam hidung. Berdasarkan atas daerah asal perdarahan epistaksis dibagi atas dua kategori, yaitu epistaksis anterior dan posterior. Diagnosis dan penanganan epistaksis bergantung pada lokasi dan penyebab perdarahan.

Penyebab epistaksis dapat berupa penyebab lokal maupun sistemik;
- Penyebab lokal yakni idiopatik (tidak diketahui penyebabnya),inflamasi, dan obat-obatan seperti semprot hidung, benda asing di hidung.
- Penyebab sistemik berupa kelainan hematologi (hemofilia), infeksi, lingkungan (temperatur, kelembaban dan ketinggian).

Pemeriksanaan lebih lanjut diperlukan jika keluhan sering di alami, sebaiknya kontrol ke dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorok (Sp.THT) agar diketahui penyebabnya.

Selengkapnya tentang mimisan, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering mimisan ternyata dapat disebabkan oleh penyakit genetik bernama von Willebrand

Sering Mimisan Menandakan Penyakit von Willebrand, Benarkah Demikian?

Mungkin sebagian besar orang pernah mengalami mimisan, termasuk juga dengan Anda. Sering mimisan ternyata dapat disebabkan oleh penyakit genetik bernama von Willebrand. Apa itu penyakit von Willebrand? Dan apa hubungannya dengan mimisan?