Apa saja penyebab hidung berdarah pada anak ?

MM Info Penanya: MM, Pria, 19 Tahun
Dokter saya mw bertanya kenapa anak saya sering kluar darah d hidung.. Tp kluar nya sedikit" tidak seperti mimisan pada umum nya.. Tp kluar nya sering , saya takut anak saya kenapa".. Karna biasa nya klo org mimisan kluar darah nya bnyk dan susah berhenti.. Tolong jawaban nya yh dokter..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MM.

Setiap keluar darah dari hidung baik sedikit atau banyak, yang terjadi pada satu atau kedua lubang hidung disebut sebagai mimisan/epistaxis.

Mimisan merupakan perdarahan spontan dari dalam hidung. Diagnosis dan penanganan epistaksis bergantung pada lokasi dan penyebab perdarahan. Penyebab epistaksis dapat berupa penyebab lokal maupun sistemik;
- Penyebab lokal termasuk idiopatik (tidak diketahui penyebabnya), trauma (mengorek hidung terlalu keras ), infeksi, polip, obat-obatan seperti semprot hidung, dan benda asing di hidung.
- Penyebab sistemik berupa lingkungan (temperatur, kelembaban dan ketinggian), penyakit infeksi.

Pemeriksanaan lebih lanjut diperlukan jika sering di alami, sebaiknya ke dokter spesialis anak agar mendapat penanganan sesuai penyebabnya.

Pertolongan pertama saat mimisan:
• Posisikan kepala anak agak menunduk, untuk menghindari tersedak.
• Memencet hidung bagian depan selama 10-15 menit, selama pemencetan bernapas lewat mulut (jika anak bisa melakukannya). Jika tidak berhenti sebaiknya kunjungi dokter.

Selengkapnya tentang mimisan, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu pertolongan pertama sesak napas adalah membantu penderitanya untuk menggunakan inhaler

Jangan Panik! Lakukan Cara Ini Untuk Pertolongan Pertama Sesak Napas

Sesak napas adalah gangguan yang terjadi saat seseorang kekurangan udara untuk bernapas. Pertolongan pertama sesak napas yang paling sering dan mudah biasanya menggunakan inhaler.