15 Mar 2021, 14:10Kandungan

Apa saja penyebab bayi terlilit tali pusar?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dokter, apa saja penyebab bayi terlilit tali pusar? Kalau kondisinya begitu, apakah ada dampak buruk terhadap bayi?
164 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Sl.Salah satu ketakutan yang dialami ibu hamil adalah tidak bisa melahirkan secara normal karena beberapa faktor diantaranya lilitan tali pusar janin. Lilitan tali pusar dapat diketahui saat ibu hamil melakukan pemeriksaan rutin USG di dokter spesialis kandungan. Jika ibu tidak pernah USG maka saat persalinan ada lilitan tali pusar maka akan berbahaya bagi janin, terlebih lilitan tali pusar tidak hanya 1.

Apa saja penyebab bayi terlilit tali pusar ?

Lilitan tali pusar dapat terjadi ketika janin bergerak aktif. Selain itu, semakin bertambahnya usia kandungan, maka lilitan tali pusar akan semakin mengikat leher janin. Beberapa faktor lain yang menyebabkan peningkatan risiko lilitan tali pusar yaitu :
  • Kehamilan gemeli (kembar).
  • Cairan ketuban yang berlebih.
  • Tali pusar terlalu panjang.
  • Kondisi tali pusar tidak baik.

Apa dampak bagi janin yang terlilit tali pusar ?

Lilitan tali pusar yang akan membahayakan janin jika lilitan terlalu kencang, lebih dari satu lilitan, menyekik janin sehingga nutrisi kurang, berat badan janin lahir menjadi rendah, bahkan kematian janin di dalam rahim. Selain itu, lilitan janin saat bersalin secara vagina akan menurunkan kadar oksigen janin karena tekanan, sehingga risiko kematian janin saat bersalin semakin besar pula. Untuk itu dokter spesialis kandungan akan menyarankan operasi sesar.Cara agar mengetahui kondisi janin selalu sehat selama hamil dan saat bersalin adalah dengan mengkonsumsi makanan terbaik oleh ibu, konsumsi vitamin selama hamil, lakukan olahraga sesuai kemampuan termasuk senam kegel, lakukan pengecekan fisik, tekanan darah, laboratorium serta USG secara rutin.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilolahraga ibu hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil