Apa saja penyebab batuk kronik ?

SD Info Penanya: SD, Pria, 19 Tahun
Dokter, saya mau tanya .. Saya Sudah 2 th ini batuk berulang kambuh dgn jarak 7blnan ... Terakhir saya berobat 2bln yg lalu ... Dimana obat yg dikonsumsi harus habis dlm 5 hr... Batuk saya memang berkurang setelah minum obat tp tdak berhenti ... Setelah 2 bln ini batuk saya masih ada walau tidak intens, dahak kadang putih, kadang agak hijau ... Dan kadang dada agak nyeri tiba2 ... Yg mau saya tanyakan apakah saya harus minum obat terus. Karna resep antibiotik sy saya minum buat saya lemas n maag kambuh parah ... Kira2 solusi untuk saya apa ya dok ... Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SD.

Batuk merupakan mekanisme protektif normal untuk membersihkan cabang trakeobronkial dari secret dan zat-zat asing. Batuk diklasifikasi menjadi akut, sub akut dan kronik.

Berkaitan dengan keluhan anda, bisa dikatakan bahwa batuk yang anda rasakan bersifat kronik. Penyebabnya seperti asma, tuberculosis (tbc), penyakit paru obstruktif kronis (ppok), post nasal drip, sinusitis, penyakit refluks gastroesofageal (gerd), bronchitis kronis, bronkiektasis, atau penggunaan obat golongan ACE I, kanker paru, sarkoidosis, gagal jantung kanan, dan aspirasi karena disfungsi faring. 

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab dari batuk diantaranya :
1) Rangsangan mekanis, misalnya asap rokok, debu, dan tumor
2) Adanya perubahan suhu yang secara cepat dan mendadak
3) Rangsangan kimiawi, misalnya gas dan bau – bauan
4) Adanya peradangan atau infeksi karena bakteri atau jamur
5) Reaksi alergi

Mengingat penyebab keluhan anda sangat multifaktorial, perlu pemeriksaan seperti anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang (laboratorium. rontgen thorax) sesuai indikasi. Sebaiknya kontrol ke dokter spesialis paru agar mendapat penanganan sesuai dengan penyebabnya.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab bronkitis kronis yang paling utama adalah kebiasaan merokok

Mengenal Bronkitis Kronis: Gejala dan Penyebabnya

Bronkitis kronis adalah suatu kondisi serius dan dikategorikan ke dalam penyakit paru-paru obstruktif kronis, yang dapat mengganggu sirkulasi udara di paru-paru. Penyebab utama bronkitis kronis adalah merokok. Gejala bronkitis kronis yang dapat terlihat adalah demam, menggigil, kelelahan, nyeri dada, dan mengigil.