Apa saja obat corona yang disarankan WHO?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Hai dokter, meskipun belum ditemukan vaksin yang tepat apa saat ini sudah ada obat yang memang benar-benar bisa mengurangi dampak dari virus corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WI.

 

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi virus Corona. Corona juga salah satu penyakit yang gejalanya kurang spesifik dan sering tumpang tindih dengan gejala penyakit lainnya. Sehingga pencegahan dan deteksi dini diperlukan sebelum infeksi bertambah semakin parah.

Adapun gejala utama dari penyakit Corona berupa:

  • Demam lebih dari 38 derajat celcius.
  • Batuk.
  • Sesak napas.
  • Sebagian gejala tambahan pada beberapa orang juga mengalami nyeri pada tenggorokan, kemerahan pada kulit, sakit dada, serta sakit kepala.

Seiring dengan meningkatnya kasus COVID-19, berbagai penelitian banyak dilakukan demi menemukan obat untuk membunuh virus Corona. Beberapa obat yang dianggap potensial untuk mengobati infeksi virus Corona adalah Remdesivir, Hydroxycloroquine, dan Chloroquine serta Azithromycin.
namun menurut pendapat WHO sebagai organisasi kesehatan dunia masih terlalu awal menentukan obat tersebut sebagai obat yang dapat membunuh virus Corona. Butuh banyak studi penelitian demi mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan harapan.

Dengan kondisi saat ini dimana belum ada kepastian dari WHO mengenai pengobatan yang jelas maka sebaiknya kita melakukan:

  1. Rajin mencuci tangan dengan air mengalir.
  2. Gunakan masker jika keluar rumah.
  3. Hindari berkumpul di kerumunan orang banyak.
  4. Bepergian hanya jika penting saja.
  5. Tetap makan sehat dengan memperbanyak sayur dan buah.
  6. Berolahraga teratur serta minum vitamin jika kondisi kesehatan dirasa menurun.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini 

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mencegah virus corona bisa dilakukan dengan menjaga jarak aman dengan orang lain dan mengenak masker ketika keluar rumah

Mencegah Virus Corona, Lakukan 7 Langkah Sederhana Ini

Dengan semakin banyak kasus positif Covid-19, Anda diharapkan melakukan berbagai upaya mencegah virus corona, seperti rutin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, tetap di rumah, dan lainnya.