Apa saja manfaat terong untuk kesehatan tubuh?

SL Info Penanya: SL
Pagi bu dokter, saya kebetulan suka sekali makan terong. Ada nggak sih manfaat lain terong selain untuk menurunkan kolesterol dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Terong adalah salah satu jenis sayuran yang tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Terong dapat dikonsumsi oleh balita sampai dengan lanjut usia. Sayuran yang berasal dari India dan Sri Lanka ini ternyata memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh. Terdapat beberapa jenis terong, namun yang paling sering ditemui adalah terong ungu. Dalam sekitar 80 gram terong ungu mengandung kurang lebih 20 kalori, vitamin C, vintamin K, protein kalium, volat dan juga karbohidrat. Selain itu, terong ungu juga kaya akan serat. Oleh karena itu, banyak manfaat yang baik bagi tubuh apabila kita mengonsumsi terong.

Adapun beberapa manfaat terong bagi kesehatan adalah:

  • Dapat membantu menjaga kadar kolesterol
  • Dapat membantu mengontrol kadar gula darah
  • Dapat membantu menjaga kesehatan otak, hati dan jantung
  • Dapat membantu mecegah kanker

Konsumsilah terong secukupnya atau tidak berlebihan, karena terlalu banyak mengonsumsi terong juga tidak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi terong secara berlebihan dapat menggangu penyerapan zat besi, meningkatkan risiko terhadap penyakit batu ginjal, memperparah kondisi peradangan dan lain sebagainya. 

Cara pengolahan dari terong adalah dengan menaburkan sedikit garam pada iriasan terong untuk menghilangkan rasa pahitnya. Sebelum diolah menjadi masakan, pastikan Anda mencucinya dengan air mengalir terlebih dahulu agar garam yang telah ditaburkan tadi hilang dari permukaan terong yang akan dimasak. Terong bisa diolah sebagai masakan berkuah, tumis, balado, atau bahkan dipanggang / digoreng untuk dapat menikmatinya.

Selain mengonsumsi terong, pastikan Anda juga mengonsumsi makanan sehat serta bergizi seimbang agar kebutuhan nutrisi harian tubuh dapat terpenuhi. Periksakan ke dokter terdekat bila terdapat keluhan terkait kesehatan.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat biji pepaya ada sangat banyak

5 Manfaat Biji Pepaya yang Sering Dibuang Namun Sangat Hebat

Tidak hanya daging buahnya, ternyata manfaat biji pepaya juga sangat besar untuk tubuh. Namun, ada beberapa efek sampingnya juga jika dikonsumsi secara berlebihan.