Apa saja manfaat susu rendah lemak?

RI Info Penanya: RI, Pria, 30 Tahun
Hai dokter, saya saat ini sedang melakukan program diet sebelum nikah. Apa konsumsi susu rendah lemak tidak menganggu program diet saya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RI,

Susu adalah salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh dimana ada beragam jenis dan sumber susu. Mulai dari hewani ataupun nabati. Susu sendiri saat ini sudah berkembang lebih jauh baik dari cara melakukan sterilisasinya, varian rasanya ataupun juga kandungan nilai gizinya. Tidak jarang orang menjadi takut meminum susu karena khawatir akan bertambah berat badannya.

Varian susu sapi.

Beberapa varian susu sapi sendiri diantaranya adalah susu sapi biasa (full cream), susu tinggi protein, susu rendah lemak (low fat) dan susu tanpa lemak (skimmed milk). Jadi apabila memang sedang diet, bisa mengonsumsi susu rendah lemak sebagai alternatif susu sapi biasa. Tetapi tetap harus jaga asupan kalori dan olahraga teratur agar program dietnya berhasil.

Masing-masing varian memiliki nilai kandungan lemak dan kalori yang berbeda dimana susu rendah lemak memiliki kalori yang lebih rendah dari susu biasa. Mesikipun begitu kandungan nutrisinya tidak kalah kaya dan bermanfaat seperti kandungan kalsium, protein, vitamin dan mineral lainnya.

Apabila tidak bisa mengonsumsi susu sapi juga ada varian lain seperti misalnya susu soya, susu almond, dan beragam alternatif lain pengganti susu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah-buahan manis seperti mangga, anggur, ceri, hingga buah pir dapat dijadikan menu diet harian

Rendah Kalori & Gula, Inilah 9 Buah Manis yang Tidak Akan Ganggu Diet Anda

Buah-buahan manis adalah salah satu makana sehat untuk dijadikan menu diet harian Anda. Diet sehat dengan buah-buahan manis seperti mangga, anggur, ceri, hingga buah pir yang memiliki kalori rendah dan baik untuk kesehatan.