Apa saja manfaat sit up untuk perut?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Pagi dok, sudah sebulanan ini saya melakukan diet dan sudah berhasil turun 4 kg. Sayangnya, perut saya masih terasa kendur. Apakah sit up bisa mengencangkan perut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Sit up adalah salah satu gerakan body weight training yang dapat membantu agar otot perut lebih kencang. Selain otot perut, sit up juga bermanfaat bagi otot dada, pinggang, dan panggul, selama dilakukan dengan gerakan yang benar.

Berikut cara melakukan sit up yang benar:

  • Berbaringlah dengan punggung menempel ke lantai (atau matras)
  • ekuk lutut dan pastikan kaki tetap menyentuh lantai
  • Letakkan tangan di samping kepala, belakang kepala, atau di depan dada
  • Tarik napas dalam-dalam
  • Hembuskan napas seraya mengangkat tubuh perlahan-lahan hingga posisi setengah duduk atau duduk
  • Kembalilah berbaring dan lakukan gerakan ini secara berulang

Selain melakukan sit up, Anda juga dapat melakukan beberapa gerakan lain seperti plank, bicycle crunch, atau cross crunch. Sama seperti sit up, gerakan tersebut juga merupakan body weight training dan dapat mengencangkan otot perut.

Di samping olahraga, perhatikan juga pola makan, ya. Konsumsi cukup protein, misalnya dari tahu, tempe, kacang-kacangan, daging, telur, atau ayam. Konsumsi juga buah dan sayur yang cukup, agar nutrisi tubuh selalu terpenuhi. Jangan lupa minum air putih yang cukup.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait program penurunan berat badan, atau menginginkan pola makan khusus untuk Anda, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis gizi, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tips bersepeda untuk orang gemuk yang efektif adalah memilih sepeda yang sesuai, menggunakan pakaian yang nyaman, dan memerahtikan intensitas

Tips Bersepeda untuk Orang dengan Kelebihan Berat Badan

Tips bersepeda untuk gemuk yang efektif meliputi menemukan sepeda dan material sepeda yang sesuai, menggunakan pakaian yang nyaman, dan memerhatikan intensitas saat bersepeda.