17 Jul 2020, 12:53Penyakit Lainnya

Apa saja manfaat semangka untuk kesehatan?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, apa saja sih manfaat semangka untuk kesehatan? memangnya betul ya dok, kalo sering makan semangka bisa meningkatkan kualitas sperma?
5789 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, FF.Semangka adalah buah berbentuk bulat besar, dengan kulit berwarna hijau. Jika dipotong, akan tampak isi semangka yang berwarna merah. Semangka merupakan buah yang digemari oleh banyak orang, karena rasanya yang manis dan teksturnya yang mudah ditelan.Selain karena rasanya yang enak, semangka juga mengandung berbagai zat gizi seperti vitamin A, B6, C, potassium, serta antioksidan. Salah satu kandungan antioksidannya adalah likopen, yang berperan penting dalam kesehatan reproduksi pria.

Beberapa manfaat likopen bagi kesuburan pria adalah:

  • Meningkatkan jumlah dan kualitas sperma
  • Mempertahankan atau memperbaiki fungsi ereksi
  • Mengurangi risiko kanker prostat
Selain ketiga manfaat tersebut, kandungan likopen dalam semangka juga memberikan manfaat lain, seperti menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mengurangi radikal bebas, serta mencegah penyakit kronis. Mengonsumsi semangka juga membantu memenuhi kebutuhan cairan harian, karena semangka tergolong buah yang memiliki kadar air tinggi.Tetapi, pastikan mengonsumsi semangka dalam jumlah yang normal. Mengonsumsi semangka berlebihan dapat menyebabkan terlalu tinggi kadar likopen di dalam tubuh, yang akan menimbulkan gejala mual, muntah, diare, serta kembung. Selain itu, keseimbangan ion tubuh juga dapat terganggu. Jadi, imbangilah konsumsi semangka dengan sayur-mayur dan buah lainnya, serta dengan sumber karbohidrat kompleks, protein, juga lemak sehat. Jangan lupa minum air putih yang cukup, ya. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan berkonsultasi kepada dokter spesialis gizi, ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
manfaat semangkabuah dan sayuransperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil