Apa saja manfaat puasa untuk kesehatan?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, sebentar lagi kan kita akan berpuasa selama 1 bulan penuh. Nah sebenarnya, ada kah manfaat puasa untuk kesehatan itu sendiri?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, F.

Puasa secara harfiah adalah menahan diri. Pada ritual keagaaman khususnya agama islam, menahan diri yang dimaksudkan yakni menahan diri dari makan dan minum serta perbuatan yang dapat membatalkannya, dari sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari dengan syarat dan ketentuan syariat agama. Setelah dilakukan berbagai penelitian dari sisi medis, puasa ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, tidak hanya bermanfaat secara mental dan spiritual, tetapi juga bermanfaat bagi fisik. Karena manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan, saat ini puasa bahkan dijadikan salah satu metode pengaturan diet yang dikenal dengan intermittent fasting.

Manfaat Puasa

Berikut berbagai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

1. Mencegah dan mengurangi terjadinya peradangan 

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 membuktikan bahwa puasa dapat membantu menurunkan zat yang dapat memicu terjadinay peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah khususnya sel darah putih (leukosit)

2. Membantu mengontrol dan menurunkan kadar gula dalam darah

Puasa terbukti dapat membantu mengontrol dan menurunkan kadar gula dalam darah karena pembatasan asupan dari luar yang kemudian akan memicu pembakaran cadangan di dalam tubuh. Hal ini juga berhhubungan dengan pembakaran lemak dan peningkatan sensitivitas hormon insulin yang memberikan efek baik, yaitu peningkatan penyaluran glukosa ke dalam sel 

3. Membantu menurunkan bobot tubuh

Beberapa penelitian membuktikan puasa dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif tanpa mengurangi massa otot.

4. Membantu menjaga kebugaran jantung

Puasa juga terbukti dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat yaitu HDL dan meningkatkan kadar lemak baik yaitu HDL.

Untuk informasi yang lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Gizi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan dengan kandungan probiotik dapat melancarkan pencernaan

11 Makanan dengan Kandungan Probiotik Ini Baik untuk Pencernaan

Probiotik tidak hanya didapatkan dari yogurt saja. Ada berbagai macam makanan probiotik yang mampu membantu pencernaan, seperti tempe, acar, hingga kimchi.