Apa saja manfaat pijat shiatsu?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hi dok. Belakangan saya kembali aktif berolahraga dan sering merasakan pegal pada beberapa area badan. Saya memilih pijat shiatsu sebagai alternatif. Apakah ini aman dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Pijat shiatsu berasal dari Jepang yang mengadaptasi konsep tradisional dari cina. Berasal dari kata shiatsu yang berarti 'finger pressure', metode pijat ini dilakukan dengan memberi tekanan atau pijatan pada area tubuh yang mudah pegal dengan ibu jari dan telapak tangan. Pijat dapat dilakukan di seluruh tubuh, dapat dilakukan oleh diri sendiri ataupun terapis. Satu sesi pijat shiatsu biasanya berkisar antara 60-90 menit.

Ada titik-titik tertentu yang dipercaya membuka sumbatan pada aliran saraf dan darah menjadi lebih lancar. Misalnya, ada titik untuk melancarkan energi, meningkatkan kreativitas, menambah konsentrasi, memperkuat daya ingat, ataupun membuat lebih percaya diri dalam memutuskan sesuatu.

Nah, pijat shiatsu sendiri dipercaya memberikan manfaat bagi tubuh, di antaranya:

  • Menurunkan rasa cemas, karena pijatan yang diberikan membuat tenang dan rileks
  • Menurunkan ketegangan otot, karena pijatan dilakukan dengan meregangkan bagian-bagian tubuh
  • Mengurangi sakit kepala atau migrain dengan memijat pada titik accupressure
  • Menjaga keseimbangan energi tubuh sehingga tidak mudah mengalami depresi atau stres
  • Mengurangi konstipasi dengan pijatan di daerah perut

Pijat shiatsu memang jarang memberikan efek samping. Sekalipun ada, biasanya hanya berlangsung beberapa jam, yaitu kelelahan, pusing, atau tubuh yang lemas. Setelah beberapa saat, efek tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Namun, sangat disarankan Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda dapat melakukan pijat shiatsu atau tidak, ya.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pijat refleksi kaki dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan

Kenali Titik Pijat Refleksi Kaki untuk Coba Sendiri di Rumah

Pijat refleksi kaki dipercaya dapat meredakan berbagai penyakit, seperti pilek, gejala PMS, hingga gangguan kecemasan. Namun, titik pijatan tidak boleh dilakukan sembarangan.