Apa saja manfaat mengonsumsi makanan plant based?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, selamat pagi! Sudah beberapa minggu ini saya diet karbo dan merasa cocok. Sepertinya dalam waktu dekat saya ingin mencoba diet plant based. Itu aman gak dok buat kesehatan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Diet plant based adalah mengonsumsi makanan yang bahan utamanya berasal dari tumbuh-tumbuhan. Diet plant based terbagi menjadi dua jenis. Pertama, whole food plant based atau semua makanan berasal dari tumbuhan, sehingga orang tersebut sama sekali tidak mengonsumsi daging, telur, dan ikan. Kedua, diet plant based, dimana seseorang masih mengonsumsi produk hewani dalam jumlah yang sangat sedikit.

Makanan-makanan yang biasa dikonsumsi saat diet plant based adalah:

  • Sayur-sayuran
  • Produk yang berasal dari gandum, misalnya beras merah, sereal, dan oat
  • Kacang-kacangan, misalnya kacang tanah, macadamia, almond, pistachio, dan lain-lain
  • Biji-bijian, seperti pumpkin seed, chia seed, dan flax seed
  • Polong-polongan, seperti chickpea, kacang polong, dan lentils
  • Buah-buahan
  • Minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun

Dengan mengonsumsi makanan plant based, secara otomatis tubuh akan mendapat lebih banyak serat. Selain itu, manfaat lain dari diet plant based adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi radang. Tetapi, ada juga studi yang menyebutkan bahwa diet plant based membuat seseorang lebih mudah terkena depresi. Sampai saat ini, diet plant based masih diteliti lebih lanjut.

Sebenarnya, semua diet memiliki manfaat dan bahayanya masing-masing. Tidak semua orang cocok dengan satu pola diet. Oleh karena itu, pilih yang benar-benar cocok untuk Anda, ya. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis gizi untuk program makan khusus bagi Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menu diet keto direkomendasikan mengonsumsi makanan rendah kalori, namun tinggi lemak

10 Makanan Diet Keto yang Wajib Anda Ketahui

Saat menjalani diet keto, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan rendah kalori, tapi tinggi lemak, serta membatasi karbohidrat. Anda bisa menemukannya antara lain pada keju, sayuran rendah karbohidrat, serta seafood.