Apa saja manfaat lari pagi untuk kesehatan?

DN Info Penanya: DN
Dok, selain agar badan tetap sehat bugar, ada nggak sih manfaat lain dari lari pagi? Pukul berapa sebaiknya lari pagi dilakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam DN,

Lari pagi adalah salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat dimana lari sendiri merupakan olahraga yang praktis dan juga banyak manfaatnya. Lari pagi sendiri seringnya dilakukan sebagai olahraga rekreasional atau seringnya dilakukan di hari libur.

Manfaat dari lari pagi sendiri beragam seperti:

  • Membuat tubuh lebih bugar
  • Membantu menguatkan otot tubuh
  • Menjaga tekanan darah
  • Meredakan stres dan menyegarkan pikiran
  • Membantu menjaga kesehatan organ tubuh terutama jantung dan pembuluh darah serta organ pernapasan
  • Membantu menjaga berat badan ideal atau membantu menurunkan berat badan
  • Membuat tubuh menjadi lebih segar dan awet muda

Tapi dalam kondisi pandemi seperti ini, apabila akan melakukan olahraga lari perlu diperhatikan beberapa hal. Upayakan tidak berlari di area yang banyak orang, tidak lari secara berkelompok dan menjaga jarak jika berpapasan atau jika ada pelari lain, upayakan mengetahui kapasitas diri agar tidak terlalu memaksakan berlari dengan intensitas, pace, serta jarak yang melebihi kapasitas diri.

Olahraga lari pagi sendiri baiknya dilakukan seminggu 5 kali dengan durasi 30 menit setiap kalinya. Bisa mulai dari jarak yang lebih pendek dan bisa dikombinasikan dengan jalan cepat jika belum terbiasa berlari. Jangan lupa melakukan peregangan sebelum berlari, gunakan sepatu yang sesuai, jangan sampai kekurangan cairan dan sebaiknya bisa bangun lebih awal dan sarapan 1 jam sebelum berlari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk Anda yang sedang ingin membesarkan massa otot, manfaat push up bisa berdampak baik untuk Anda.

6 Manfaat Push Up yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya membentuk otot-otot pada tubuh, push up ternyata bermanfaat juga untuk organ dalam, seperti jantung hingga hormon-hormon tertentu. Berikut ini adalah manfaat push up yang perlu Anda ketahui.