20 Jul 2020, 18:32Kandungan

Apa saja manfaat kurma muda semasa kehamilan?

SL
Info Penanya: SL0
Dok, apa aja sih manfaat kurma muda selama masa kehamilan? Lalu apa sama saja dok mengonsumsi kurma muda yang masih berbentuk buah dengan yang hanya sarinya saja?
10783 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaKurma adalah salah satu jenis buah yang tidak asing lagi bagi masayrakat Indonesia. Buah ini kerap kali digunakan untuk berbuka puasa, karena memiliki rasa yang manis. Tidak hanya dikonsumsi dalam keadaan masak (matang), ternyata kurma juga bisa dikonsumsi ketika belum masak atau sering disebut dengan istilah kurma muda. Mengonsumsi kurma muda ketika sedang hamil diyakini akan melancarkan persalinan. Kurma muda ini memiliki indeks glikemik yang rendah dan rendah kalori. Perlu diketahui bahwa kurang lebih sekitar 142 kalori terdapat pada satu kilogram kurma muda. Kurma muda juga kaya akan anti oksidan dan mengandung karotenoid dan lain sebagainya.

Adapun beberapa manfaat dari kurma muda adalah: 

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Dapat mencegah kanker karena kaya akan antioksidan
  • Mencegah terjadinya penyakit jantung dan juga stroke
  • Membantu mengonrtol kadar gula darah
  • Membantu program diet untuk menurunkan berat badan
  • Membantu mengatasi proses inflamasi (peradangan)
  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan mata
Buah kurma muda ini dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah dalam bentuk masakan. Pada perinsipnya, baik dikonsumsi secara langsung ataupun dilakukan pengolahan terlebih dahulu untuk mengonsumsinya tidak mengurangi khasiat dari kurma muda ini. Apabila Anda mengonsumsi kurma muda dalam bentuk sari kurma muda, pastikan sari kurma muda tersebut benar-benar berasal dari buah kurma muda. Sehingga, khasiat yang dimilikinya juga tidak berubah.Konsumsilah kurma muda secukupnya, tidak berlebihan, upayakan tetap mengonsumsi makanan yang sehat serta bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, perbanyak sayur dan buah-buahan, serta cukupilah kebutuhan cairan harian Anda. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui kondisi Anda dan juga janin. Semoga bermanfaat. Salam sehat. dr. Dian
tips kesehatanherbalkurma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil