16 Jun 2020, 12:45Kulit & Kelamin

Apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hai dok, saat ini wajah saya lagi timbul banyak sekali bruntusan. Kata teman-teman saya, jeruk nipis ampuh menghilangkan jerawat. Sebenarnya, manfaat jeruk nipis untuk wajah apa aja sih dok?
12913 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FF.Jeruk nipis adalah salah satu jenis buah yang rasanya asam. Selain untuk dikonsumsi, jeruk nipis dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit karena kandungan zat gizinya yang kaya. Beberapa zat gizi yang terkandung dalam jeruk nipis adalah vitamin A, B, C, dan E.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Nah, kandungan tersebut dipercaya memberikan beberapa manfaat bagi kulit wajah, yaitu:
  • Mencerahkan kulit dengan menangkal paparan radikal bebas
  • Meremajakan kulit dengan mendukung kinerja kolagen
  • Mencegah dan membantu proses penyembuhan jerawat dengan kandungan antibakterinya
  • Mengecilkan pori-pori kulit
Tetapi, sebelum menggunakan jeruk nipis ke kulit, pastikan dulu bahwa Anda tidak alergi, ya. Anda dapat mengujinya dengan menempelkan air perasan jeruk nipis ke punggung tangan atau belakang telinga. Jika tidak terasa pedih dan tidak ada tanda iritasi, maka aman untuk menggunakannya di wajah.Selain itu, hindari menggunakan air perasan jeruk nipis apabila Anda akan terpapar sinar matahari langsung dalam waktu dekat. Sinar matahari akan mengaktifkan salah satu bahan dalam jeruk nipis, yang bisa memicu reaksi radang. Nah, Anda dapat membuat masker alami dengan mencampurkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 1 sendok makan madu. Balurkan ke seluruh kulit wajah, lalu diamkan selama 10-15 menit, dan bilas sampai bersih. Apabila Anda membutuhkan konsultasi atau informasi lebih lanjut, Anda juga dapat menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
jus jerukjerawatmasker wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil