Apa saja manfaat ikan laut untuk kesehatan?

R Info Penanya: R
Dok memangnya ikan laut lebih bermanfaat daripada ikan air tawar ya? Mohon infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

Ikan adalah salah satu sumber pangan yang kaya nutrisi dan juga kaya akan manfaat untuk kesehatan bagi semua usia. Kita mengenal ada dua jenis ikan yaitu ikan air tawar dan juga ikan laut, ikan air tawar sendiri bisa didapatkan di sungai, di kolam, di tambak dan juga sumber lain sedangkan ikan air laut didapatkan oleh tangkapan nelayan di laut.

Jenis ikan laut dan ikan tawar sendiri sangat beragam dimana masing-masing memiliki rasa yang khas dan juga bisa diolah menjadi beragam olahan masakan.

Kandungan nutrisi keduanya sama-sama baiknya dimana kandungan ikan air tawar diantaranya:

  • Protein, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B kompleks, mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, omega 3, rendah lemak jenuh, rendah merkuri

Sedangkan pada ikan laut sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti:

  • Protein, lemak, vitamin D, vitamin B kompleks, vitamin K, mineral sepertiiodium, kalium, kalsium, magnesium, omega 3

Pada ikan laut perlu lebih diperhatikan karena tidak jarang beberapa ikan memiliki kandungan merkuri tinggi terutama pada ikan yang berada di laut dangkal atau pada sumber laut yang tercemar.

Upayakan selalu mencukupi kebutuhan nutrisi dengan menu makanan yang bervariasi agar kesehatan bisa terjaga. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur agar tubuh tetap fit dan sehat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketela pohon memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Ketela Pohon, Umbi-umbian dengan Manfaat Berlimpah yang Mudah Diolah

Ketela pohon memiliki serat lebih tinggi dari gandum. Umbi-umbian ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi di sisi lain, ketela pohon bisa berbahaya jika tidak tahu cara mengonsumsinya dengan benar.