Apa saja manfaat dan efek samping protein shake?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hi dok, beberapa waktu lalu teman-teman saya ramai membicarakan proitein shake. Sebenarnya apa sih manfaat dan efek samping protein shakes?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Protein shake adalah minuman yang berasal dari bubuk yang dibuat dengan cara menambahkan air dan mengocoknya sampai menyatu. Bubuk protein shake biasanya berbahan baku whey atau kacang polong. Satu sajian protein shake dapat mengandung sekitar 15-24 gram protein (tergantung produknya) yang setara dengan protein dari 1-2 butir telur. Selain itu, protein shake juga mengandung karbohidrat dan lemak dengan kadar yang sangat sedikit.

Berikut manfaat mengonsumsi protein shake:

  • Membantu pembentukan otot
  • Membantu menurunkan berat badan bagi mereka yang obesitas, atau menjaga berat badan ideal
  • Meningkatkan pembakaran lemak, termasuk lemak perut
  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Anda dapat mengonsumsi protein shake secara langsung atau mencampurkan bubuknya ke dalam smoothies. Tetapi, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah tidak berlebihan, yang disesuaikan dengan kebutuhan protein harian Anda. Terlalu banyak mengonsumsi protein dapat berbahaya bagi ginjal. Oleh karena itu, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis gizi untuk mengetahui kebutuhan protein Anda dan nutrisi lainnya.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, tidak begadang, dan rutin berolahraga. Hindari merokok juga, ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tahukah Anda, mengonsumsi makanan manis berlebihan, dapat menimbulkan jerawat pada wajah.

7 Bahaya Makanan Manis Mengincar Anda Saat Bulan Puasa

Mengonsumsi makanan dan minuman manis berlebihan saat berbuka di bulan puasa ini, bisa mendatangkan bahaya tersendiri. Oleh karena itu, tetap jalani pola makan sehat saat sahur dan berbuka.