Apa saja manfaat bonding untuk ibu dan bayi?

TS Info Penanya: TS, Wanita, 29 Tahun
Hi dokter, saya sering mendengar setelah melahirkan bayi harus sering melakukan bonding dengan ibunya agar lebih dekat. Apa betul begitu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Bonding adalah proses untuk membangun ikatan emosional antara dua orang, misalnya antara ibu dan bayi. Dengan bonding, ibu dan bayi akan merasakan hubungan yang penuh cinta, kasih sayang, kehangatan, serta rasa aman. Perasaan positif ini tentu akan berpengaruh dalam proses tumbuh kembang bayi sehari-hari.

Berikut cara bonding yang bisa dilakukan ibu ke bayi:

  • Disarankan untuk melakukan bonding sejak bayi berada dalam kandungan, misalnya dengan cara mengajak bayi bicara sambil mengelus-elus perut agar bayi bisa mengenali suara ibu sejak dini
  • Melakukan skin to skin contact saat proses menyusui
  • Meningkatkan frekuensi direct breastfeeding sehari-hari
  • Mengajak bicara bayi dengan melakukan kontak mata
  • Melakukan pijat bayi

Seiring berjalannya waktu, bayi tentu akan tumbuh menjadi anak, remaja, lalu dewasa. Nah, jangan hanya lakukan bonding saat masa bayi ya, pertahankan juga kedekatan emosional tersebut sampai sang buah hati tumbuh dewasa. Ketahuilah, tidak ada yang menggantikan posisi seorang ibu, bahkan setelah seorang anak membangun keluarga mandiri.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dalam teknik baby-led, orangtua bisa memberi bayi fingerfood seperti brokoli dan wortel

Menerapkan Metode MPASI Baby-Led Weaning, Ini yang Harus Orangtua Ketahui

Sebagian orang tua menerapkan metode baby led weaning ketika MPASI. Metode ini dipercaya membuat bayi lebih mudah menerima berbagai makanan yang diperkenalkan. Namun, amankah?