04 Oct 2021, 09:52Penyakit Lainnya

Apa saja manfaat berjalan diatas kerikil tanpa alas kaki?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dok, banyak yang bilang jika seseorang memiliki penyakit rematik, dianjurkan untuk berjalan di atas kerikil tanpa alas kaki. Apakah langkah ini benar dianjurkan?adakah manfaat dan efek samping dari berjalan diatas kerikil tanpa alas kaki? Kasih tips dong dok supaya cara ini bisa berjalan efektif
261 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, Sl.Seiring bertambahnya usia maka beberapa keluhan muncul salah satunya gangguan pada sendi. Gangguan pada sendi dapat berupa rasa sakit, bengkak, merah dan panas. Rasa sakit pada sendi sering disebut dengan penyakit rematik. 

Apakah berjalan di atas kerikil tanpa alas kaki dapat mengobati penyakit rematik ?

Penyakit rematik menimbulkan rasa sakit pada persediaan. Penyebab penyakit rematik berbeda-beda. Beberapa penyakit rematik yang dapat dialami antara lain :
  • Osteoartrhitis.
  • Rheumatoid artrhitis.
  • Ankylosing spondylitis.
  • Sindrome sjogren.
  • Lupus.
Penyebab yang berbeda membuat terapi untuk penyakit rematik juga berbeda-beda. Berjalan di atas kerikil tanpa alas kaki tidak dapat mengobati penyakit rematik tetapi rasa panas dari kerikil dapat membantu memperlancar aliran darah dan mengurangi nyeri.

Efek samping berjalan di atas kerikil tanpa alas kaki bagi pasien rematik

Berjalan di atas kerikil tanpa alas kaki tidak disarankan untuk mengobati penyakit rematik karena dapat menimbulkan beberapa efek samping antara lain luka bakar maupun luka gores akibat kerikil. Jadi jika Anda mengalami keluhan seputar sendi, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lengkap ke dokter penyakit dalam. Dokter penyakit dalam akan memberikan terapi yang sesuai dengan penyebab penyakit rematik Anda. Saat ini Anda dapat mengkonsumi obat pereda nyeri dan kompres hangat pada sendi yang sakit.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
nyeri sendirematikosteoarthritis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil