06 Dec 2020, 17:09Penyakit Lainnya

Apa saja manfaat asam amino bagi kesehatan ?

P
Info Penanya: P0
Dokter, tadi malam di grup keluarga saya heboh membicarakan manfaat asam amino. Tapi kok saya masih kurang paham ya dok, bisa dijelaskan nggak manfaat amino yang baik untuk kesehatan?
872 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam PL,Terima kasih atas pertanyaannya.Asam amino merupakan komponen organik yang dibutuhkan tubuh utnuk pembentukan protein. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel-sel atau regenerasi sel. Terdapat asam amino esensial dan non-esensial. Asam amino esensial merupakan asama amino yang tidak diproduksi oleh tubuh dan hanya bisa didapatkan dari makanan. Saat anda makan makanan yang mengandung protein, protein tersebut akan dipecah di dalam tubuh dan menyisakan asam amino yang dibutuhkan sementara yang lainnya akan dibuang melalui saluran pembuangan.

Terdapat 9 asam amino esensial yang penting bagi tubuh yaitu :

Manfaat yang bisa didapat dari asam amino esensial ini sangat banyak seperti penyembuhan luka, pembentukan sel darah, pembentukan sel imun, perbaikan sel otot, jaringan dan tulang, produksi hormon pertumbuhan dan hormon lainnya, pembentukan enzim, pembentukan enamel gigi, mengontrol nafsu makan, metabolisme metabolisme lemak, pelindung saraf, membantu fungsi otak yang lebih baik dalam proses berpikir, mengingat, berguna pada orang dengan gangguan kecemasan, depresi, gangguan pencernaan dan sebagainya. Makanan yang mengandung semua jenis asam amino esensial disebut dengan protein lengkap yang bisa kita dapatkan pada makanan seperti daging merah, daging ayam atau unggas lainnya, seafood, telur, susu dan produk olahannya, kedelai, quinoa, dan buckwheat.Sangat banyak manfaat yang kita bisa dapatkan bila mengkonsumsi asam amino esensial dalam menu sehari-hari. Sebaiknya anda mendapatkan asam amino esensial dari bahan-bahan alami daripada mengkonsumsi suplemen. Suplemen diperuntukkan bagi mereka yang tidak mengkonsumsi daging atau tidak bisa mencerna daging karena beberapa kondisi seperti alergia atau intoleransi. Bila anda memiliki kondisi khusus dimana perlu asupan suplemen sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
proteinmakanan pembentuk ototpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil