Apa saja manfaat air putih untuk kesehatan?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Malam dok, apa aja sih dok manfaat air putih untuk kesehatan? Katanya kalo diminum saat bangun tidur bisa melancarkan pencernaan ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Air putih adalah cairan jernih, tidak berasa, dan tidak berbau, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kebutuhan air putih tiap-tiap orang berbeda, tergantung kondisi lingkungan, tingkat aktivitas, berat badan, maupun kondisi kesehatan. Sebaiknya, cukupi kebutuhan air putih harian, agar kesehatan senantiasa terjaga optimal.

Manfaat Air Putih bagi Kesehatan

Cukup mengonsumsi air putih setiap hari akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang didapat:

  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  • Membantu menjaga dan melembabkan kulit
  • Menjaga aliran darah agar tetap lancar
  • Membantu melancarkan proses buang air besar

Apabila asupan air putih harian kurang dari seharusnya, maka akan timbul kondisi yang disebut dehidrasi. Kondisi ini dapat memicu terjadinya beberapa penyakit seperti kaku otot, sembelit, atau sakit kepala. Sebaliknya, mengonsumsi air putih secara terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan kerja ginjal terlalu berat, yang berakibat penumpukan cairan dan membahayakan jantung.

Lalu, menjawab pertanyaan Anda, air putih memang dapat melancarkan pencernaan, sesuai yang telah diuraikan sebelumnya. Akan tetapi, pastikan konsumsinya cukup (tidak kurang dan tidak lebih), serta juga disertai dengan asupan serat dari buah dan sayur.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut atau mengalami gejala kesehatan, jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beta-karoten adalah bentuk awal vitamin A dan terkandung tinggi dalam wortel

Mengenal Beta-Karoten, Molekul Antioksidan Kaya Khasiat

Banyak orang tertarik untuk mengonsumsi suplemen beta-karoten demi kesehatan mata. Lebih baik dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau cukup dari makanan sehat?