11 May 2020, 16:17Penyakit Lainnya

Apa saja manfaar durian bagi kesehatan?

RF
Info Penanya: RF0
Halo dokter, saya suka banget makan durian. Tapi katanya itu dapat membahayakan kesehatan ya dok? Apa nggak ada dok, manfaat durian sekalian meningkatkan kadar kolesterol saja?
11560 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam RF,Durian adalah buah yang memiliki rasa nikmat tetapi memiliki aroma yang khas, sehingga tidak jarang ada orang yang tidak menyukai buah ini karena baunya yang cukup menyengat. Durian sendiri dijuluki raja buah atau king fruit.

Kandungan nutrisi durian

Durian sendiri memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik, dimana memiliki kandungan nutrisi seperti:
  • Zat besi
  • Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E
  • Kalsium
  • Zinc
  • Magnesium
  • Potassium
  • dan lainnya
Selain itu durian memiliki nilai kalori yang cukup tinggi dan memiliki kandungan lemak bisa mencapapi 13 gram setiap irisannya. Dimana kandungan lemaknya lebih tinggi dibandingkan kandungan proteinnya.Dari kandungan nutrisi ini durian mememiliki manfaat untuk kebutuhan vitamin, antioksidan, mampu menekan gula darah karena indeks glikemiknya rendah dan juga bisa membantu mencegah sembelit.Meskipun demikian, durian tidak dikonsumsi boleh berlebihan. Buah durian bisa memproduksi alkohol dan juga kandungan gas yang membuat pencernaan terasa tidak nyaman, mual hingga diare. Hindari juga mengonsumsi durian bersamaan dengan minuman yang mengandung alkohol.Pada ibu hamil sebenarnya boleh mengonsumsi durian, tapi banyaknya dan kadarnya harus diperhatikan agar tidak mengganggu kesehatan ibu dan janin. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tips kesehatanibu hamil makan durianbuah dan sayuran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil