Apa saja makanan yang cocok untuk penderita jantung saat lebaran?

DA Info Penanya: DA
Dok, Ibu saya kebetulan punya penyakit jantung. Kira-kira makanan seperti apa ya yang cocok untuk beliau di hari lebaran?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Sakit jantung adalah merupakan penyakit yang timbul di organ jantung dimana yang tersering adalah masalah pembuluh darah jantung atau disebut dengan penyakit jantung koroner.

Selain itu ada banyak masalah penyakit jantung lain seperti misalnya masalah katup, masalah detak jantung akibat gangguan kelistrikan jantung, pembengkakan jantung dan lainnya.

Pantangan makanan penyakit jantung

Beberapa pantangan makanan penyakit jantung sendiri diantaranya:

  • Makanan dengan kadar garam tinggi
  • Makanan dengan lemak jenuh tinggi
  • Makanan tinggi gula
  • Makanan cepat saji
  • Kue seperti cookies yang mengandung lemak jenuh
  • Makanan dan minuman yang mengandung alkohol

Saat lebaran sendiri identik dengan perayaan dan suka cita sehingga disediakan beragam makanan dan cemilan yang menggugah selera. Pada penderita penyakit jantung sendiri sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan-makanan khas lebaran seperti opor ayam, rendang, sambal goreng dan kue-kue khas lebaran.

Jadi jika ingin mengonsumsi perlu dijaga agar secukupnya saja. Selain itu penting juga tetap mengonsumsi obat rutin sesuai anjuran dokter dan lakukan pemeriksaan kesehatan beberapa hari setelah lebaran untuk memastikan kondisi tetap baik dan sehat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

HDL adalah kolesterol baik yang bisa menyingkirkan kolesterol berlebih berbahaya di darah

HDL si Kolesterol Baik, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

HDL adalah kolesterol baik yang berfungsi untuk menyingkirkan kolesterol berlebih di darah. Kadar ideal untuk HDL adalah 60 miligram/desiliter (mg/dL) atau lebih. Bagaimana cara meningkatkannya?