Apa saja makanan yang cocok untuk orang sakit?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
hai dok, anak saya sudah 4 hari sakit dan tidak mau makan. Kira-kira apa ya dok solusi menu makanan yang bisa saya berikan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Sakit adalah kondisi ketika tubuh tidak bisa bekerja optimal karena penyebab tertentu. Hal yang bisa menjadi penyebab penyakit adalah virus, bakteri, jamur, alergen, maupun kegagalan fungsi organ. Ketika terpapar oleh penyebab penyakit, sistem kekebalan tubuh akan bekerja untuk membuat fungsi tubuh kembali normal. 

Untuk membuat sistem kekebalan tubuh bekerja optimal, nutrisi atau zat gizi memegang peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, seseorang yang sakit membutuhkan lebih banyak makanan bergizi untuk mempercepat proses pertumbuhan, terutama yang mengandung vitamin A, vitamin C, zinc, protein, dan probiotik.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, sayangnya Anda tidak memberi informasi yang cukup tentang penyakit yang diderita anak Anda. Karena, beda penyakit akan beda menunya. Misalnya pada anak diare, sebaiknya kurangi dulu pemberian sayur dan buah-buahan. Sebaliknya, pada anak batuk-pilek, sayur dan buah justru harus diperbanyak.

Secara umum, Anda dapat mencoba untuk memberikan si kecil menu berikut:

  • Sup hangat yang berisi daging ayam, wortel, kembang kol, makaroni, dengan rempah-rempah
  • Smoothies alpukat, oat, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Jus buah tanpa pemanis buatan
  • Air kelapa murni

Selain itu, pastikan juga anak Anda minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Hindari begadang karena sistem kekebalan bekerja paling maksimal pada saat anak beristirahat. Jika tak kunjung sembuh, jangan lupa diperiksakan ke dokter spesialis anak, ya.

Terima kasih, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memberikan vitamin zinc untuk anak dapat membantu tumbuh kembangnya

Si Kecil Sering Diare dan Alergi, Saatnya Tambah Vitamin Zinc untuk Anak

Jika anak mengalami kekurangan zinc, memberikan tambahan vitamin zinc untuk anak boleh dilakukan. Banyak penelitian menyebutkan bahwa ketika anak mendapatkan cukup zinc, maka mereka bisa mencapai berat dan tinggi badan ideal.