Apa Saja Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak?

HG Info Penanya: HG, Pria, 23 Tahun
Dokter saya mau bertanya, Bagaimana melatih kecerdasaan otak secara baik dan makanan apa saja yang dianjurkan dan dihindari untuk kesehatan otak agar tidak fluktuasi/melemah? Apa benar kalau kita rajin membaca dan belajar itu bisa memperbesar fungsi dari otak kita, sehingga bisa membuat otak tetap pintar dan mampu memperkuat fungsi sel-sel otak secara sempurna. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak HGF,

Betul sekali bahwa mempelajari hal baru, rajin membaca dan melakukan aktifitas yang seni menambah pengalaman baru seperti melukis, menari adalah seperti memberi makan kepada sel-sel otak kita. Sel – sel otak bila tidak digunakan akan menjadi tidak berkembang atau mundur perkembangannya,s edangkan bila makin sering digunakan akan berkembang maksimal. Otak manusia memerlukan latihan berulang  untuk tetap beraktifitas dan berfungsi baik. Untuk mencegah pikun, maka disarankan selalu membaca atau melatih otak dengan mempelajari hal baru seperti belajar bahasa baru dll.

Makanan-makanan yang dipercaya dapat memaksimalkan fungsi otak adalag antara lain bayam dan sayuran berdaun hijau, buah delima, ikan sarden karena kaya omega 3, teh, bawang putih, gandum, kacang-kacangan, coklat hitam, minyak zaitun, dan anggur merah (red wine).

Selalu ingat untuk menghindari kerusakan otak dan memori akibat kecanduan pornografi, kecanduan obat-obat terlarang dan alkohol. Karena memori dan sel di otak memiliki sifat yang unik dan berbeda dengan sel tubuh manusia lainnya. Kerusakan akibat kecanduan tidak dapat dihilangkan dan memorinya akan terbawa sampai manusia mati sedangkan kerusakan sel otak tidak dapat sembuh seperti sedia kala. Jagalah kesehatan otak sejak dini untuk masa depan yang gemilang.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski ibu hamil boleh makan daging kambing, tetapi hindari sate kambing karena tidak ada jaminan bagian dalam daging telah matang

Ibu Hamil Makan Daging Kambing? Boleh Saja, Kok!

Salah satu makanan yang dihindari oleh ibu semasa hamil adalah daging kambing. Bila bu hamil makan daging kambing, sebaiknya perhatikan betul apakah daging dimasak matang sempurna.