Apa saja makanan yang baik untuk ibu hamil?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Siang dok saya mau bertanya, kalau ibu hamil jarang makan nasi bisa di ganti dengan buah atau susu hamil saja kah? Seperi apa makanan yang baik untuk ibu hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Kehamilan adalah kondisi ketika seorang wanita mengandung janin di dalam rahimnya selama kurang lebih 40 minggu. Agar kehamilan dapat berlangsung dengan baik sampai masa persalinan, kesehatan ibu dan janin harus benar-benar diperhatikan.

Salah satu hal yang penting agar kehamilan tetap sehat adalah nutrisi. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi, karena zat gizi tersebut akan diserap oleh ibu dan juga janinnya. Beberapa nutrisi seperti asam folat, kalsium, zat besi, dan omega 3 juga berperan sangat penting dalam kehamilan.

Makanan untuk Ibu Hamil

Agar seluruh zat gizi tercukupi, maka disarankan ibu hamil mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat gizi berikut:

  • Karbohidrat kompleks, yang bisa berasal dari kentang, ubi, maupun roti gandum (bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi)
  • Lemak sehat, yang didapat dari daging, alpukat, atau kacang-kacangan
  • Protein, misalnya dari telur, ayam, daging, tahu, dan tempe
  • Vitamin dan mineral, dari sayur dan buah yang bervariasi. Semakin bervariasi jenisnya, semakin lengkap kandungan vitamin dan mineral yang dapat diserap.

Pastikan ibu hamil menjauhi makanan yang mengandung pemanis dan perasa buatan. Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan yang tinggi merkuri, seperti beberapa jenis ikan laut dan kerang. Hindari juga makanan yang mentah, karena rentan terpapar bakteri atau virus.

Jangan lupa untuk melakukan kontrol secara teratur ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, untuk memantau kondisi ibu dan janin secara berkala. Dokter akan melakukan pemeriksaan serta memberikan suplementasi apabila ada salah satu zat gizi yang mungkin tidak tercukupi.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada ciri-ciri tidak cocok minum susu ibu hamil yang bisa dikenali

Ciri-ciri Tidak Cocok Minum Susu Ibu Hamil yang Bisa Dikenali

Susu ibu hamil sah-sah saja diminum, namun sifatnya tidak wajib. Ibu juga bisa minum susu jenis lain selama masa kehamilan. Selain itu, ada ciri-ciri tidak cocok minum susu ibu hamil yang bisa diidentifikasi.