14 Mar 2021, 12:13Penyakit Lainnya

Apa saja makanan penyebab maag yang perlu dihindari?

SL
Info Penanya: SL0
Dokter, belakangan ini perut saya sering sekali sakit. Apalagi setelah mengonsumsi makanan pedas. Apakah makanan pedas termasuk makanan penyebab maag?
190 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang SLTerima kasih atas pertanyaan AndaSakit maag adalah suatu kondisi berupa rasa tidak nyaman pada perut, karena terlambat makan (makan tidak teratur) atau karena konsumsi makanan tertentu yang menyebabkan gangguan kesehatan saluran pencernaan terutama lambung. Terdapat beberapa makanan yang bisa memicu terjadinya maag atau peningkatan asam lambung berlebihan.

Adapun beebapa daftar makanan menyebabkan maag diantaranya:

  • Makanan pedas
  • Makanan asam
  • Makanan berlemak 
  • Kafein (kopi)
  • Alkohol
  • Makanan atau minuman bersoda
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, makanan pedas bisa menyebabkan sakit maag. Sehingga apabila Anda ada riwayat sakit maag alangkah baiknya hindari konsumsi makanan pedas. Gejala yang muncul pada sakit maag bisa berupa mual dan atau muntah, nyeri pada ulu hati, perut kembung, bersendawa dan lain sebagainya.Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi maag adalah dengan cara berusaha makan teratur, hindari makanan pedas, hindari beberapa makanan dan minuman yang mencetuskan peningkatan asam lambung, atasi stres, hindari kelelahan, biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
asam lambungmaagtips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil