05 Dec 2020, 21:05Kandungan

Apa saja makanan penyebab kista ovarium?

F
Info Penanya: F, Wanita, 26 Tahun
Malam dok, mama saya kebetulan mengidap kista ovarium beberapa yang tahun lalu. Pertanyaan saya, apa ini bisa dipicu karena makanan? Apa saja dok, makanan penyebab kista ovarium?
928 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaannya.Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang berada di indung telur (ovarium) atau permukaan indung telur.  Wanita memiliki sepasang ovarium sebagai tempat pematangan sel telur dan pelepasan sel telur setiap bulannya. Cukup banyak wanita yang memiliki kista ovarium namun hilang dengan sendirinya tanpa penanganan khusus dalam beberapa bulan.  Tetapi ketika kista pecah maka akan menimbulkan gangguan. 

Penyebab dan faktor risiko kista ovarium :

  • Faktor hormonal seperti pada wanita yang mendapatkan terapi untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon, terapi untuk kesuburan.
  • Endometriosis, penebalan dinding rahim di luar rahim. Dalam hal ini akan menempel di ovarium dan berkembang sehingga akan menimbulkan rasa nyeri terutama saat berhubungan intim dan ketika menstruasi.
  • Kehamilan
    Kista ovarium dapat tumbuh pada kehamilan awal guna mendukung kehamilan hingga plasenta terbentuk. Terkadang, kista ini menetap dan perlu dilakukan tindakan.
  • Wanita lebih dari 50 tahun lebih berisiko.
  • Obesitas.
  • Riwayat kista ovarium di keluarga.
Terkait yang anda tanyakan, umumnya makanan tidak berhubungan langsung dengan terjadinya kista ovarium namun asupan makanan kurang baik dapat menganggu hormonal sehingga berisiko untuk terjadinya kista ovarium.  Periksa rutin dengan dokter kandungan untuk evaluasi kista ibu anda saat ini.

Makanan yang perlu dibatasi untuk mencegah kista ovarium :

  • Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti roti, kentang, semua makanan yang dibuat dengan tepung terigu, serta makanan manis lainnya.
  • Makanan cepat saji, makanan olahan, serta makanan yang digoreng.
  • Daging merah.
  • Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, serta alkohol.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat, dr. Farah
makanan sehatkehamilankista ovariumendometriosisterapi hormonal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil