Apa saja khasiat jahe merah untuk kesehatan?

SL Info Penanya: SL
Dok, apa benar salah satu khasiat jahe merah dapat mengobati batuk berdahak? Jika ya, bagaimana aturan minumnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SL

Terima kasih atas peertanyaan Anda

Jahe merah adalah salah satu jenis jahe yang memiliki ukuran sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan jahe pada umumnya serta memiliki warna yang khas yaitu kemerahan. Jika dibandingkan dengan jahe biasa, jahe merah ini cenderung memiliki rasa yang lebih pedas. Seperti yang kita ketahui, di Indonesia banyak sekali terdapat tanaman obat, salah satunya adalah jahe merah ini. Karena termasuk salah satu jenis tanaman obat, maka banyak sekali manfaat jahe merah untuk kesehatan.

Adapun beberapa manfaat dari jahe merah diantaranya adalah:

  • Membantu memperbaiki gairah seksual
  • Membantu mengatasi peradangan (inflamasi)
  • Meningkatkan kesuburan pria
  • Membantu meringankan gejala osteoartritis
  • Membantu meredakan batuk
  • Membantu mengurangi gejala mual

Terkait dengan pertanyaan Anda, cara yang digunakan untuk membantu meredakan batuk dengan jahe merah adalah dengan cara mengambil 1 ruas jahe merah, kemudian di cuci bersih. Setelah dicuci, parutlah jahe merah dan tambahkan sekitar 250ml air, kemudian direbus hingga mendidih. Setelah mendidih, saring air rebusan jahe merah tersbeut, tunggu hingga hangat. Tambahkan madu dan jeruk nipis sebelum dikonsumsi.

Mengonsumsi jahe merah untuk meredakan batuk, sebaiknya tidak secara berlebihan Apabila keluhan batuk tidak membaik dalam waktu 3 hari, segera periskakan diri Anda ke dokter terdekat. Usahakan Anda mencukupi kebutuhan nurtisi harian tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta mencukupi kebutuhan cairan harian Anda agar terhindar dari dehidrasi.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lendir di tenggorokan dapat menganggu sistem pernapasan.

Lendir di Tenggorokan Tak Kunjung Hilang? Ini Cara Meredakannya

Lendir di tenggorokan adalah kondisi produksi lendir menumpuk di tenggorokan. Banyak minum air putih merupakan salah satu cara membersihkan lendir tanpa obat.