29 Jan 2021, 09:32Jantung

Apa saja khasiat dari obat herbal kolesterol?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, saya memiliki alergi obat-obatan tapi punya riwayat kolesterol. Saya berniat ingin mengonsumsi obat herbal kolesterol. Apakah khasiat dari obat herbal ini sama dengan obat kimia pada umumnya?
152 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Kolesterol adalah lemak alami yang dihasilkan tubuh. Dalam jumlah normal, kolesterol dibutuhkan, bahkan bermanfaat bagi tubuh. Namun, apabila jumlahnya melebihi batas, kolesterol dapat berbahaya dan memicu risiko penyakit kronis seperti serangan jantung atau stroke. Dalam dunia medis, kadar kolesterol yang terlalu tinggi disebut dengan dislipidemia.

Cara Menurunkan Kolesterol

Penanganan kolesterol adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup, konsumsi obat-obatan penurun kolesterol, atau bisa juga dengan bahan alami atau yang Anda sebut sebagai obat herbal kolesterol. Mari membahas satu per satu, ya:

1. Perubahan gaya hidup

Mengurangi konsumsi makanan yang digoreng dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Lalu, batasi juga konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti tepung, mie, pasta, dan nasi putih, ya. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Lakukan juga olahraga secara rutin 3-4 kali per minggu.

2. Obat-obatan kimia

Salah satu obat kolesterol yang paling sering digunakan adalah golongan statin. Apabila Anda memiliki alergi obat-obatan termasuk golongan ini, maka hindari mengonsumsinya, ya. Pasalnya, dikhawatirkan akan lebih banyak menimbulkan risiko ketimbang memberikan manfaat.

3. Obat herbal kolesterol

Beberapa bahan alami yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol misalnya bawang putih, akar manis, jahe, dan angkak. Namun, perlu dipastikan juga bahwa Anda tidak memiliki alergi dengan bahan tersebut. Pastikan juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter penyakit dalam Anda, karena tidak semua orang cocok dengan bahan tersebut.Lalu, mengenai perbandingan khasiat obat herbal kolesterol dan obat kimia, hal ini sangat tergantung kepada jenis bahan alami apa yang Anda gunakan. Perlu diketahui bahwa sebenarnya masing-masing cara yang telah diuraikan di atas memiliki khasiat dan manfaatnya masing-masing yang tidak bisa saling menggantikan, namun saling melengkapi.Jadi, konsultasikan dulu ke dokter mana yang terbaik bagi Anda ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kolesterolserangan jantungherbaltanaman obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil