Apa saja kebiasaan tak sehat yang perlu dihindari saat puasa?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hi dok, saya mau tanya. Sebaiknya pola hidup seperti apa yang harus dijalani saat berpuasa? Apa makan goreng-gorengan saat berbuka diperbolehkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Puasa adalah kondisi tidak makan dan minum dalam rentang waktu tertentu. Puasa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Secara umum, dengan berpuasa, detoksifikasi tubuh akan lebih lancar, yang memicu pembentukan sel-sel baru pada organ-organ tubuh. Selain itu, puasa juga memicu produksi hormon-hormon tertentu, misalnya hormon endorfin yang membuat bahagia.

Tetapi, manfaat-manfaat tersebut hanya bisa didapatkan jika seseorang menjalankan puasa secara sehat. Yang terpenting adalah memperhatikan asupan makanan. Pastikan selalu mengonsumsi makanan yang bergizi, dan menghindari makanan tinggi kalori tapi rendah nutrisi.

Berikut pola makan yang dianjurkan dan sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka:

  • Mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah, quinoa, atau ubi. Sebaiknya hindari karbohidrat simpleks seperti beras putih, kentang, atau roti putih karena lebih cepat merangsang rasa lapar.
  • Mengonsumsi lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan, hindari makanan yang digoreng (apalagi jika digoreng dengan minyak yang telah dipakai berkali-kali)
  • Pastikan asupan protein cukup, misalnya dari telur, daging, tahu, atau tempe
  • Perbanyak asupan sayur dan buah-buahan agar vitamin dan mineral tercukupi
  • Cukup minum air putih agar tidak dehidrasi, dan hindari minuman berkafein serta bersoda

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga bermanfaat. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda perlu memilah mana undangan acara buka bersama yang perlu untuk didatangi

Tak Semua Undangan Acara Buka Bersama Perlu Anda Datangi

Acara buka bersama memang jadi momen yang tepat untuk menjalin silaturahmi. Sayangnya, buka puasa bersama justru berpotensi mengganggu kesehatan mental Anda, mulai dari serangan kritik dari kerabat sampai mengingat kembali masa lalu yang menyakitkan.