05 Mar 2021, 19:40Pernapasan

Apa saja jenis obat tenggorokan serak?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dokter, setiap kali saya terlalu banyak berbicara, tenggorokan langsung serak. Apakah ada obat tenggorokan serak yang efektif?
180 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, FF.Obat tenggorokan serak harus disesuaikan dengan penyebabnya. Nah, tenggorokan serak adalah keluhan kesehatan yang mengarah kepada penyakit peradangan pita suara, atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan laringitis.Beberapa faktor penyebab laringitis adalah:
  • Terlalu banyak berbicara atau berteriak
  • Infeksi bakteri
  • Infeksi virus tertentu
  • Reaksi alergi atau iritasi karena makanan tertentu
Mengenai kondisi Anda, apabila tenggorokan serak dipicu oleh terlalu banyak berbicara, maka itulah penyebabnya. Obat tenggorokan serak yang paling baik tentu saja mengurangi faktor pemicu. Jadi, disarankan untuk tidak terlalu banyak berbicara lagi, ya. Usahakan juga volume suara Anda tidak terlalu keras, karena semakin berteriak maka akan semakin memicu serak.Tapi, apabila pekerjaan Anda adalah penyanyi, pembawa acara, atau profesi lain yang memang harus sering berbicara, Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe dan lemon sebagai penanganan awal. Pastikan tenggorokan tidak kering, konsumsilah air putih 1.5-2.5 liter per hari.Apabila keluhan tidak membaik dan serak berkelanjutan, coba periksakan kepada dokter spesialis THT. Dikhawatirkan ada penyebab lain dari keluhan Anda, yang bukan hanya karena berbicara terlalu sering. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan penyebabnya, lalu memberikan terapi yang tepat. Misalnya, antibiotik bagi infeksi bakteri; atau obat-obatan simptomatik bagi infeksi virus. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr Sylvia
radang tenggorokaninfeksi tenggorokanlaringitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil