06 Jun 2020, 09:36Penyakit Lainnya

Apa saja jenis-jenis karbohidrat yang perlu diketahui?

F
Info Penanya: F, Wanita, 21 Tahun
Dok, saya kan sedang melakukan clean eating yaa.. apa ada jenis karbohidrat yang perlu saya hindari untuk menurunkan berat badan? Apa aja sih dok jenis-jenis karbohidrat?
5624 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, J.Tubuh membutuhkan karbohidrat untuk dapat berfungsi secara baik. Sejatinya, fungsi utama karbohidrat sendiri adalah meyuplai kebutuhan energi yang akan digunakan untuk tubuh dalam berbagai hal.

Adapun berbagai fungsi positif karbohidrat lainnya yang meliiputi :

  • sebagai sumber energi
  • dapat mendukung fungsi otak
  • membantu mencegah munculnya berbagai penyakit
  • membantu mengontrol berat badan 
  • meningkatkan fungsi sistem pencernaan
  • membantu menjaga kerja oto
Perlu juga untuk diketahui bahwa karbohidrat memiliki tiga jenis yaitu gula. pati dan serat makanan. Selain itu karbohidrat pun terbagi menjadi dua golongan yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana adalah golongan karbohidrat yang dapat langsung dicerna dan dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat sehingga tidak dianjurkan unutk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Contoh dari karbohidrat sederhana adalah permen, makanan berbahan tepung seperti kue, dan makanan manis lainnya. Sedangkan karbohidrat kompleks adalah golongan karbohidrat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk penyerapannya sehingga dapat menyediakan energi untuk jangka waktu yang lebih panjang. Jenis karbohidrat inilah yang dianggap lebih baik dan dapat ditemukan pada gandum, kacang-kacangan, sereal, kentang dan lain-lainnya.Bagi seseorang yang sedang dalam program pegaturan makan atau diet tertentu khususnya untuk menurunkan berat badan. Ada baiknya untuk mengonsumsi jenis karbohidrat yang baik.

Beberapa jenis karbohidrat kompleks yang baik untuk dikonsumsi antara lainnya adalah :

  • macam-macam sayuran, perlu dikonsumsi setiap harinya
  • berbagai macam buah seperti apel, pisang dan stroberi
  • polong-polongan seperti kacang merah, kanag polong, lentil dan jenis lainnya
  • kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut, macademia dan jenis lainnya
  • gandum utuh seperti quinoa, nasi coklat dan merar serta jenis lainnya
Pada umumnya karbohidrat yang mengandung serat tinggilah yang dapat menyehatkan tubuh. Anda dapat memenuhi 45-65 persen kebutuhan karbohidrat Anda dengan jenis karbohidrat komleks kaya serat seperti pada paparan diatas dan menghindari asupan karbohidrat sederhana untuk program diet yang efektif.Jika Anda menginginkan keterangan yang lebih lengkap atau program diet yang lebih intensif, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter Gizi.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
makanan dietzat gizikarbohidrat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil