Apa saja gejala asam lambung?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 29 Tahun
Saya mual, muntah, pusing, setiap telat makan. Apa ini gejala asam lambung?? Kalo iya saya harus bagaimana??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RD.

Asam lambung adalah hal normal yang dimiliki oleh sistem pencernaan, apabila dalam jumlah yang tidak berlebihan. Asam lambung berfungsi untuk membantu menyerap zat gizi dari makanan. Tetapi, jika jumlah asam lambung berlebih, dapat menyebabkan gejala pencernaan seperti mual, muntah, nyeri perut, atau kembung.

Asam lambung berlebih sering disebut sebagai 'maag'. Penyakit ini paling sering dipicu oleh pola makan yang tidak teratur, ataupun jenis makanan yang mengiritasi lambung. Selain itu, pada kondisi tertentu, infeksi pada saluran pencernaan atau tingkat stres juga dapat memengaruhi.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda lakukan hal-hal berikut:

  • Makan secara teratur, sedikit-sedikit tapi sering
  • Hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung, seperti makanan pedas, terlalu berminyak, mengandung pemanis buatan, bersoda, beralkohol, atau berkafein
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan
  • Konsumsi probiotik (bakteri baik saluran pencernaan) seperti yogurt atau kimchi
  • Cukupi kebutuhan air putih harian
  • Tidur teratur dan hindari begadang
  • Kendalikan tingkat stres dengan baik

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam, apabila setelah melakukan hal-hal di atas tak kunjung membaik. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat asam lambung di apotik tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tetapi terdapat tiga macam obat asam lambung di apotik yang dapat dijumpai

Kenali Berbagai Obat Asam Lambung untuk Mengatasi Maag

Maag merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat asam lambung yang bisa dibeli bebas di apotek maupun dengan resep dokter. Obat asam lambung di apotik tidak hanya satu jenis melainkan terdapat berbagai banyak jenisnya, seperti penghalang histamin, antasida, dan sebagainya.