Apa saja gangguan pada mata bayi?

NC Info Penanya: NC
Halo dokter. Saya ingin bertanya, jika ada sesuatu yang tidak beres dengan mata bayi, bagaimana ya reaksi bayi tersebut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, N

 

Berapakah usia bayi Anda? Apabila bayi anda baru berusia beberapa minggu, maka penglihatannya tentu belum sempurna dan masih dalam batas normal yaa. Jika bayi Anda masih berusia 4 minggu pertama jarak pandang penglihatannya masih 20-30 cm dan tentunya belum memberikan respon jika dipanggil maka dari itu jangan khawatir ya karena seiring dengan usia pertumbuhannya penglihatannya tentu akan semakin matang. 

 

Pada minggu pertama setelah dilahirkan, mata bayi juga akan mengeluarkan kotoran mata warna putih kekuningan dimana hal ini merupakan hal normal karena belum sempurna saluran air mata bayi. 

Gangguan pada mata bayi dapat disebabkan oleh berbagai hal, dapat disebabkan karena infeksi ataupun gangguan yang serius. Gangguan yang harus diwaspadai adalah :

- Konjungtivitis : Konjungtivitis adalah kondisi dimana mata bayi mengalami infeksi, dapat disebabkan oleh infeksi bakteri,virus dan alergi. Gejalanya dapat berupa mata merah, belekan kekuningan, kelopak mata bayi sulit dibuka karena lengket. Hal ini tentunya akan membuat bayi menjadi rewel dan tidak nyaman.

- Bayi tidak dapat mengikuti mainan atau benda disekitarnya setelah memasuki usia 3-4 bulan.

- Mata bayi menjadi juling atau kedua bola mata tidak sejajar.

- Tampak bintik putih pada bola mata, hal ini harus diwaspadai karena dapat menjadi pertanda penyakit serius berupa kanker.

 

Untuk memastikan kondisi mata bayi tentunya perlu ada pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis mata ya. Sementara itu untuk membantu menjaga kesehatan mata bayi Anda, berikut saran yang dapat Anda lakukan :

1. Jika bayi Anda baru lahir dan terdapat kotoran mata, Anda dapat membersihkan mata bayi Anda dengan air hangat dan kain yang bersih, usap perlahan untuk menghilangkan kotorannya.

2. Jika mata bayi merah, belekan kekuningan dan bayi rewel diharapkan tidak menyentuh mata bayi Anda. Pastikan selalu cuci tangan Anda dengan sabun sebelum menyentuh bayi.

3. Apabila Anda atau keluarga yang tinggal bersama bayi sedang mengalami infeksi mata, sebaiknya tidak mendekati bayi Anda.

4. Tidak menggunakan obat tetes apapun atau obat apapun ke bayi Anda tanpa petunjuk dokter.

5. Memperhatikan kuku bayi dan mengguntingnya jika sudah panjang untuk menghindari goresan ketika ia mengusap matanya.

 

Sebaiknya segera ke dokter ya, terutama jika mengalami :

- Mata bayi memerah, bayi rewel, belekan kekuningan sangat banyak, mata bayi tidak bisa terbuka.

- Demam pada bayi

- Terdapat bintik putih pada bola mata bayi

- Bayi tidak merespon dengan panggilan, suara mainan atau benda lainnya ketika sudah menginjak 3-4 bulan.

 

Semoga Bermanfaat.

Salam Sehat

dr. Karlina Lestari

 

Diskusi Terkait di Forum