Apa saja faktor terjadinya pernapasan?

LF Info Penanya: LF, Wanita, 19 Tahun
Dokter apa faktor2 terjadinya pernapasan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, LF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Organ utama dalam sistem pernapasan adalah paru-paru, yang berfungsi untuk memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida pada saat kita bernapas. Pertukaran gas ini dilakukan oleh paru-paru dan sistem pernapasan. Udara yang kita hirup mengandung campuran oksigen dan gas lainnya.

Di dalam tenggorokan terjadi penyaringan udara kemudian bercabang menjadi dua cabang utama bronkus. Bronkus adalah pipa yang menuju paru-paru. Di dalam paru-paru terdapat alveoli, struktur kecil di dalam paru-paru tempat terjadinya pertukaran gas.

Setelah masuk paru-paru, oksigen dimasukkan ke dalam aliran darah untuk dibawa ke seluruh tubuh yang membutuhkan. Sel darah merah juga membawa karbon dioksida dari seluruh tubuh untuk dipindahkan ke paru-paru. Setelah sampai paru-paru dikeluarkan dari saluran napas.

Otot diaphragma di bawah paru-paru juga mengatur pernapasan. Diaphragma menarik udara dengan cara meratakan bentuknya dan membuat tekanan negatif. Karena udara bergerak dari tekanan positif ke tekanan negatif/lebih kecil. Ketika menghembuskan napas, diaphragma akan mengembang dan mendorong udara keluar.

Proses ini pada orang dewasa terjadi 12-20 kali per menit. Pada saat aktivitas berat, frekuensinya akan meningkat sampai dengan 45 kali per menit, dengan tujuan memenuhi kebutuhan oksigen dari sel di seluruh tubuh.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum menolong orang tenggelam, pastikan diri Anda berada di posisi aman untuk menarik ban pelampung

Tahap-tahap Menolong Orang Tenggelam yang Perlu Anda Ketahui

Menolong orang tenggelam bisa menjadi hal yang berbahaya jika tidak dibekali dengan pengetahuan yang cukup dan langkah yang tepat. Salah satu langkah awal dan terpenting adalah pastikan terlebih dahulu bahwa diri Anda dalam kondisi yang aman.