Apa saja efek samping pil kb?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya dan suami sepakat untuk menunda kehamilan. Tapi kami agak ngeri dok pakai pil KB. Apa aja sih dok, efek samping pil kb?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FF.

Pil adalah salah satu metode yang dapat digunakan dalam melaksanakan program KB (Keluarga Berencana). Beberapa pasangan memilih pil sebagai kontrasepsinya, karena cara menggunakannya yang mudah, yaitu dengan mengonsumsinya secara teratur setiap hari. Pil tidak seperti implan yang harus memasukkan suatu alat ke dalam tubuh, dan tidak menyebabkan nyeri seperti suntik.

Ada beberapa macam jenis pil, dengan kandungan dan masa penggunaan yang bervariasi. Tapi, semua pil tersebut sama-sama dapat mencegah kehamilan dengan kandungan hormonnya. 

Efek Samping Pil KB

Namun, karena pil mengandung hormon sintetik, seringkali pil dapat mengganggu produksi hormon alami tubuh, dan menimbulkan efek samping. Berikut hal-hal yang biasa dirasakan pada pengguna kontrasepsi pil:

  • Siklus haid yang tidak teratur, bisa memendek, memanjang, tidak haid sama sekali, atau flek berkepanjangan
  • Nafsu makan yang meningkat, dan menyebabkan berat badan berlebih
  • Timbulnya jerawat atau kulit menjadi berminyak
  • Nyeri pada payudara atau bagian tubuh lainnya
  • Emosi yang tidak stabil

Oleh karena itu, apabila Anda dan pasangan merasa takut menggunakan pil karena efek samping hormonalnya, maka dapat memilih kontrasepsi non-hormonal sebagai alternatif. Dua contoh kontrasepsi non-hormonal yang biasanya tidak menimbulkan efek samping di atas adalah IUD dan kondom.

Selain itu, pertimbangkan juga faktor berapa lama Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan. Apabila jangka waktunya singkat, maka kontrasepsi seperti pil dan kondom lebih disarankan. Tetapi, apabila ingin menunda selama bertahun-tahun, Anda dapat menggunakan implan atau IUD.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dan pasangan dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.