13 Oct 2021, 13:53Perut

Apa saja efek samping obat cacing?

N
Info Penanya: N0
Dokter, anak saya kurus sekali padahal dia makannya banyak dan banyak yang bilang kalau itu salah satu gejala cacingan. Lalu saya beli obat cacing di apotik dan anak saya buang air besar terus. Apakah ini salah satu efek samping obat cacing? Sebenarnya kandungan dan kegunaan dari obat cacing apa dok? perlu minum rutin atau tidak dok obat cacingnya?
75 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Obat cacing adalah obat yang dapat membasmi parasit dalam tubuh. Orang yang mengalami infeksi cacing atau cacingan dapat tidak mengalami gejala apapun, namun beberapa gejala yang dapat timbul adalah
  • penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan
  • gangguan pencernaan, sakit perut, kembung, mual
  • kelelahan tanpa sebab yang jelas

Efek samping obat cacing

Obat cacing tidak boleh dikonsumsi jika dokter tidak mendiagnosa adanya penyakit cacingan. Infeksi cacing sebenarnya beragam, dan pengobatannya pun harus disesuaikan dengan jenis cacing. Dosis obat cacing juga merupakan dosis tunggal yang artinya hanya perlu dikonsumsi 1tablet saja. Jika sudah terlanjut mengonsumsi obat cacing secara sembarangan dan merasakan efek samping seperti diare, mual, muntah, pusing sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.Efek samping lain dari konsumsi obat cacing berlebihan adalah nyeri pada mata, ruam kulit, alergi, gangguan keseimbangan, pembengkakan kelenjar getah bening, sesak napas, peningkatan denyut jantung, hingga kejang. Jika selanjutnya ada kecurigaan cacingan dan ingin mengonsumsi obat cacing, anda harus berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi cacinginfeksi ususpenyalahgunaan obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil