Apa saja efek samping masker spirulina?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hai dokter, akhir-akhir ini saya sering menggunakan masker spirulina untuk merawat kesehatan wajah. Biasanya saya menggunakan masker ini seminggu 3x. Apakah spirulina aman digunakan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Spirulina adalah salah satu jenis ganggang biru hijau (cyanobacteria). Spirulina bisa dikonsumsi ataupun digunakan pada kulit. Untuk pemakaian pada kulit, spirulina dapat digunakan sebagai masker dengan cara dioleskan ke seluruh bagian wajah, didiamkan beberapa saat, kemudian dibilas.

Masker spirulina dipercaya memberi manfaat kepada kulit karena kandungan gizinya yang tinggi, misalnya vitamin A, C, E, serta mineral seperti zat besi dan seng. Kandungan tersebut mampu membersihkan, mencerahkan, dan menjaga kelembaban kulit. Selain itu, kandungannya juga dipercaya mampu meningkatkan elastisitas kulit sehingga mempertahankan awet muda.

Tetapi, perlu diingat bahwa masker spirulina juga memiliki efek samping. Pada seseorang dengan kulit kering, masker spirulina dapat menyebabkan kekeringan yang ekstrim sehingga kulit tampak kusam. Lalu, pada seseorang yang alergi, masker spirulina dapat menyebabkan iritasi, ruam, sampai jerawat.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan masker spirulina, pastikan dulu bahwa Anda cocok dengan produk ini, ya. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan bergizi terutama yang kaya vitamin C dan E untuk merawat kulit dari dalam. Jangan lupa untuk konsumsi air putih yang cukup dan rutin berolahraga agar peredaran darah lancar dan kulit tampak cerah alami. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit untuk informasi lebih lanjut.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Thyme adalah penyedap rasa dan herbal dari keluarga mint, yang kaya akan khasiat

Thyme dan Manfaatnya yang Tak Lekang Oleh Waktu

Thyme adalah penyedap rasa khas masakan Mediterania. Tanaman ini pun memiliki sejumlah manfaat kesehatan, dari pengendalian tekanan darah hingga mengatasi jerawat. Ketahui lebih jauh tentang thyme.