Apa saja buah yang baik untuk berbuka puasa?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Hai dok, saya kebetulan sedang menjalani program diet. Di bulan puasa ini, saya tetap boleh berbuka puasa dengan buah kah? Apa saja rekomendasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Puasa adalah momen yang dapat Anda manfaatkan untuk menurunkan berat badan secara berkala, karena tanpa disadari jatah makanan yang Anda makan akan berkurang. Namun perlu diperhatikan hindari makan secara berlebihan saat sahur atau berbuka puasa.

Buah dan sayur adalah makanan yang sangat dianjurkan bila Anda sedang program penurunan berat badan karena kandungan seratnya akan menimbulkan efek kenyang dan mencegah sembelit saat Anda sedang berpuasa.

Pada intinya semua buah boleh dimakan, namun sebaiknya dihindari buah-buahan yang banyak gas nya seperti durian, atau nanas agar lambung tidak bermasalah. Dan perbanyak buah seperti pepaya, semangka, apel, pisang atau melon.

Selain mengonsumsi sayur dan buah jangan lupa untuk rutin berolahraga sebelum berbuka puasa untuk menunjang program diet Anda. Karena selain kalori masuk perlu dibatasi, juga perlu membakar kalori lebih banyak agar berat badan bisa berkurang dan agar kulit tidak kendor bila berat badan Anda turun.

Jangan lupa untuk tidur secara teratur agar tidak merusak metabolisme tubuh, dan minum air putih yang banyak agar kulit tidak kering.

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Extra virgin olive oil adalah jenis minyak yang tidak melalui proses pemanasan bila dibandingkan dengan jenis minyak lainnya

Jika Ada Peringkat Minyak Paling Sehat, Extra Virgin Olive Oil Juaranya

Minimnya pemanasan dan penambahan substansi kimia dalam proses pembuatan extra virgin olive oil membuatnya jadi minyak paling sehat.