13 Nov 2021, 13:57Perut

Apa saja buah untuk batu empedu?

SL
Info Penanya: SL0
Dokter, saya menderita penyakit batu empedu. Rencananya selain pengobatan medis saya juga ingiin mulai menjaga pola makan yang lebih sehat lagi. Selain sayuran, katanya ada buah buahan yang cocok untuk dikonsumsi penderita batu empedu. Dok, buah untuk batu empedu apa yang bisa saya konsumsi? Kandungan dari buah yang seperti apa yang dibutuhkan untuk penderita batu empedu? Selain itu, buah yang dilarang dan tidak boleh dikonsumsi apa aja dok?
114 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaBatu empedu adalah keadaan saat terjadi endapan cairan pencernaan yang terdapat pada kandung empedu. Terbentuknya batu empedu ini bisa terjadi karena beberapa kondisi seperti tingginya kadar kolesterol pada empedu,  tingginya kadar bilirubin pada empedu, ada masaah terkait dengan organ hati, masalah kesehatan pada kandung empedu atau karena kondisi medis yang lain.

Rekomendasi makanan untuk penderita batu empedu

Salah satu faktor pemicu terbentuknya batu empedu adalah akibat dari gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan berlemak, konsumsi gorengan berlebihan, tidak berolahraga, kurang sayur dan buah dan lain sebagainya. Sehingga, untuk mencegah terbentuknya batu empedu disarankan untuk mengubah gaya hidup agar lebih sehat.

Adapun di bawah ini beberapa rekomendasi makanan untuk penderita batu empedu adalah:

  • Sayuran dan buah-buahan. Tidak ada makanan dan buah yang spesifik untuk penderita batu empedu. Namun, buah dan sayur yang tinggi serat ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sayur dan buah kaya akan vitamin, mineral, lemak baik, kalsium dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh
  • Susu tanpa lemak
  • Daging tanpa lemak
  • Kacang-kacangan termasuk tahu dan atau tempe
  • Ikan 

Makanan yang sebaiknya dihindari untuk penderita batu empedu adalah:

  • Gorengan
  • Makanan berlemak
  • Ssu tinggi lemak
  • Makanan cepat saji
  • Daging olahan
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, beberapa makanan yang disarankan dikonsumsi bagi penderita batu empedu dan apa saja makanan yang sebaiknya dihindari telah disampaikan di atas. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi Anda.Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait dengan batu empedu di bawah ini:Apakah batu empedu bisa diobati tanpa operasi?Sakit perut, apakah gejala penyakit batu empedu?Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
makanan sehatbatu empedutips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil