Apa saja akibat perdarahan otak?

RP Info Penanya: RP
Dok, sy prnah mengalami pendarahan otak kanan akibat kecelakaan. Apa saja akibat dr pendarahan otak itu ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RPP,

Trauma pada kepala akibat benturan keras seperti pada kecelakaan memang sangat berbahaya terlebih bila sampai terjadi perdarahan pada otak. Bahaya tersebut juga tergantung pada berapa banyak volume perdarahan yang terjadi, ada di lokasi mana perdarahan tersebut, dan terapi apa yang dilakukan saat itu, apakah operasi untuk mengeluarkan perdarahan tersebut atau hanya tahap observasi dan menggunakan obat-obatan saja.

Dampak yang ditimbulkan juga bisa bermacam-macam tergantung dari pembuluh darah otak mana yang mengalami gangguan. Pada umumnya darah akan diserap oleh otak secara perlahan-lahan, namun kadang darah juga bisa membeku dan menekan otak. Keluhan yang muncul akan sangat bervariasi tergantung bagian otak mana yang tertekan, bisa berupa sering nyeri kepala, susah mengingat, gangguan bicara, gangguan penglihatan, kejang dll.

Biasanya dokter bedah saraf akan melakukan observasi secara berkala untuk melihat kondisi otak dengan cara CT scan kepala atau MRI kepala dan mencocokkan dengan keluhan yang Anda rasakan.

Sebaiknya hindari stres dan kurangi berpikir keras untuk sementara waktu agar otak bisa beristirahat dan cepat pulih serta jangan lupa untuk minum obat dan kontrol ke dokter secara teratur.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Satu isapan rokok mengandung sebanyak 70% tar yang dapat mengendap di paru-paru.

3 Zat Beracun dalam Rokok Ini Bisa Ancam Nyawa

Zat beracun dalam rokok yang dikenal paling berbahaya,yaitu nikotin, tar, karbon monoksida. Selain itu, zat berbahaya lainnya yaitu, arsen, amonia, aseton,dsb.