Apa saja akibat dari keputihan?

MY Info Penanya: MY, Wanita, 24 Tahun
Keputihan itu akibatnya apa yah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MY.

Keputihan normal disebabkan oleh kadar hormon di dalam tubuh Anda, yang berubah-ubah mengikuti siklus haid. Keputihan yang tidak normal merupakan suatu gejala, biasanya diikuti dengan rasa gatal, perih atau nyeri di organ kandungan. Paling sering diakibatkan infeksi yang disebabkan bakteri atau jamur. Untuk memastikan penyebabnya Anda perlu konsultasi langsung dengan Dokter.

Infeksi pada organ genital biasanya mengakibatkan komplikasi pada kehamilan dan infeksi pada janin. Infeksi juga dapat menyebar dari vagina ke rahim, saluran tuba fallopi sampai dengan indung telur (ovarium). Kondisi ini termasuk kasus berat dimana akan sering mengakibatkan keluhan nyeri karena radang. Dalam bahasa medis disebut pelvic inflammatory disease (radang panggul). Komplikasinya adalah gangguan kesuburan dan sumbatan pada saluran tuba.

Infeksi virus herpes simplex bisa mengakibatkan peningkatan kanker serviks dan terkait pada banyak hal seperti keluarnya jaringan sisa dari vagina sampai dengan penyebaran anak kanker yang bisa mematikan. Bila ada keputihan sebaiknya Anda konsultasi dengan Dokter Kandungan agar ditangani sampai dengan tuntas. Berikut saya lampirkan artikel mengenai Kenali Tanda Infeksi Radang Panggul agar Terhindar dari Komplikasi untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan selama masa kehamilan adalah hal yang normal terjadi selama tidak terjadi infeksi

Keputihan Saat Hamil, Amankah?

Keputihan saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika keputihan saat hamil berwarna kuning atau hijau, berbau menyengat, disertai dengan kemerahan dan gatal pada vagina bisa menjadi tanda dari keputihan yang abnormal dan tidak wajar.